oleh

4 Cara Jitu Cegah Kamar dari Serbuan Tungau

PortalMadura.Com – Selain debu, keberadaan tungau juga menjadi masalah di rumah. Sering kali hewan berkaki delapan ini bersarang di kasur, sofa, atau bantal yang digunakan sehari-hari. Tidak jarang pula hewan tersebut menggigit kulit dan menyebabkan alergi.

Parahnya lagi, mengusir tungau lebih sulit daripada mencegah mereka menjadikan rumah Anda sebagai sarang. Maka dari itu, lebih baik Anda melakukan tindakan pencegahan agar rumah tidak disambangi tungau.

Nah, berikut ini empat cara mudah menghindarkan rumah Anda dari serbuan tungau menurut Konsultan Alergi dan Imunologi Anak, Budi Setiabudiawan:

Simpan Buku dan Majalah di Tempat Tertutup
Sebaiknya simpan buku, majalah, dan koran di tempat tertutup. Jika memungkinkan, simpan di luar ruangan.

“Sebaiknya disimpan di lemari atau kotak tertutup. Kalau terbuka, nanti banyak debu dan tungau. Apalagi, kalau ada kipas angin yang menyebabkan debu dan tungaunya semakin tersebar dan menyebabkan alergi,” ujar Budi.

Loading...

Tidak Menyimpan Boneka Berbulu di Kamar
Kurangi penyimpanan boneka berbulu di area kamar. Benda seperti ini rawan menjadi sarang tungau.

“Itu sarangnya debu dan tungau. Nanti, anak main boneka dan dicium atau diisap jadi lebih berbahaya, terutama jika alergi,” tutur Budi.

Baca Juga: Hari Tenang, Bawaslu Pamekasan Persilakan Berekspresi di Medsos

Jangan Gunakan Karpet
Karpet atau permadani, terutama yang berbahan mirip bulu juga disukai tungau. Sebisa mungkin hindari penggunaannya di dalam ruangan keluarga maupun kamar. Bisa juga diakali dengan menggunakan tatami atau karpet berbahan kayu.

Gunakan Bantal Berbahan Busa
Bahan bantal pun berpengaruh besar untuk menjadikan ruangan bebas tungau.

“Bantal sebaiknya terbuat dari busa. Jangan dari kapuk, dakron atau bulu angsa supaya bebas tungau maupun alergi. Gorden pun harus sering dicuci,” tutupnya.


Rewriter : Salimah
Sumber : merdeka.com

Komentar