4 Cara Jitu Usir Kembung Saat Menstruasi

Avatar of PortalMadura.com
4 Cara Jitu Usir Kembung Saat Menstruasi
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Seperti yang diketahui, ketika wanita mengalami menstruasi, mereka akan mengalami perubahan hormon, seperti . Bisa dibayangkan, dalam keadaan normal saja bila mengalami perut kembung tentu tidak enak enak bukan, apalagi disaat menstruasi? Perut pasti terasa penuh dan sesak, tak jarang juga perut terlihat buncit bila mengenakan baju yang pas tubuh.

Nah, bila Anda sedang menstruasi, berikut beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengusir perut kembung saat menstruasi.

Makan Makanan Berprotein dan Kalium Tinggi
Makanan yang mengandung kalium tinggi seperti buah pisang, melon, tomat dan asparagus.

Menurut Isabel Smith, R.D., ahli diet dari New York, mineral tersebut akan membantu membuang kelebihan gas yang terjebak di dalam perut. Begitu pula untuk makanan berprotein tinggi seperti tahu, tempe, dan telur yang mampu menurunkan hormon penyebab perut kembung.

Hindari Makanan Penyebab Gas
Sayuran hijau semacam brokoli, kembang kol, kol, selada dan berbagai jenisnya bisa memicu pembentukan gas di perut sehingga sebaiknya hindari dulu. Lebih banyaklah makan karbohidrat untuk menjaga pencernaan.

Jangan Berhenti Olahraga
Jangan salah, saat menstruasi olahraga justru dibutuhkan karena bisa menjaga perut agar tidak kram, melatih tubuh sehingga peredaran darah lancar dan yang paling penting adalah melancarkan metabolisme pencernaan sehingga perut tidak menahan gas di dalam.

Kurangi Makanan Manis
Karbohidrat bisa mengandung gula, namun jangan kelebihan mengonsumsi gula saat menstruasi. Karena gula justru bisa memicu kembung dan produksi gas berlebih. Kurangi juga segala makanan dan minuman yang mengandung pemanis buatan.

Peri kembung saat menstruasi memang membuat Anda tak enak makan dan membuat perut begah, jadi lebih baik Anda melakukan sekian cara di atas agar tidak kembung meski sedang menstruasi. Semoga bermanfaat. (vemale.com/Nanik)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.