4 Cara Lindungi Layar Smartphone Agar Tak Cepat Gores

Avatar of PortalMadura.Com
4 Cara Lindungi Layar Smartphone Agar Tak Cepat Gores
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Salah satu komponen smartphone yang sensitif dan memiliki risiko kerusakan tinggi yaitu layar. Mengapa demikian? Karena letaknya berada di bagian terluar bodi smartphone. Sehingga layar membutuhkan perawatan khusus dan spesifik.

Untuk membersihkan , Anda harus menggunakan alat yang bersifat lembut dan dilakukan secara berkala. Selain itu, juga perlu memperhatikan beberapa langkah sederhana agar layar smartphone Anda tidak cepat baret. Penasaran?

Ini dia langkah-langkahnya:

Lapisi dengan Pelindung Tambahan
Beberapa merek smartphone biasanya sudah melengkapi perangkat smartphone besutannya dengan pelindung layar bawaan. Kebanyakan, layar dilapisi dengan pelindung layar Gorilla Glass.

Meskipun Gorilla Glass dirancang untuk tahan terhadap benda tajam atau tumpul, tetapi tidak sepenuhnya dapat melindungi layar dari kerusakan dan goresan. Layar dengan perlindungan Gorilla Glass memang jarang mengalami goresan kasar, tapi kerap mengalami goresan halus.

Untuk menghindari hal tersebut, tidak ada salahnya bila Anda melindungi layar smartphone dengan pelindung tambahan. Tapi ingat, pilih pelindung layar yang berkualitas agar performa sentuhan layar tetap berjalan dengan baik.

Pakai Kain Microfiber
Kain microfiber yang biasa digunakan untuk mengelap atau membersihkan lensa kacamata, direkomendasikan untuk membersihkan permukaan layar smartphone karena memiliki tekstur yang halus dan lembut.

Jangan membersihkan permukaan layar smartphone dengan kain yang kasar, seperti pakaian karena bisa menimbulkan goresan halus. Anda juga tidak dianjurkan untuk menggunakan tissue karena terbuat dari bahan daur ulang seperti kertas.

Aplikasikan Cairan Pembersih dengan Benar
Ketika menggunakan cairan pembersih, jangan semprotkan ke permukaan layar secara langsung. Ada baiknya, Anda semprotkan terlebih dahulu ke kain pembersih.

Kontak langsung dengan cairan pembersih disinyalir dapat membuat layar smartphone rusak karena cairan pembersih mengandung unsur kimia yang dapat meresap ke dalam panel layar.

Jauhkan Kuku
Pada dasarnya, penggunaan layar sentuh seharusnya memakai jari. Akan tetapi, pengguna, khususnya wanita terkadang menyentuh layar dengan menggunakan kuku mereka yang panjang.

Perlu diketahui, bagian tajam dari kuku lama-kelamaan bisa meninggalkan bekas di layar seperti goresan. Alhasil, layar smartphone menjadi tidak sedap dipandang dan bisa mengurangi sensitivitas layar sentuh. (liputan6.com/Desy)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.