4 Cara Melatih Anak agar Lebih Percaya Diri

Avatar of PortalMadura.com
4 Cara Melatih Anak agar Lebih Percaya Diri
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Bukan tugas yang mudah untuk membangun kepercayaan diri. Sebagai orang tua harus berperan aktif dalam membantu anak agar lebih percaya diri.

Kepercayaan diri adalah salah satu bekal penting untuk membantu anak sukses di masa depannya dan itu perlu dipupuk sedini mungkin. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan orang tua untuk membantu anak lebih percaya diri.

Dilansir fimela.com yang mengutip dari lifehack.org, anak yang cerdas belum tentu bisa sukses di masa depan, sebab jika tak memiliki motivasi dari dalam dirinya sendiri, mereka akan sulit untuk sukses. Dibawah ini beberapa cara yang bisa dilakukan orangtua untuk membantu anak lebih percaya diri.

Memberi Dorongan Semangat
Dorongan semangat untuk membuat anak terus mencoba dapat membangun ketangguhan anak dan membantu meningkatkan rasa percaya dirinya. Dorongan mental yang orang tua berikan bisa membantu memperkuat mentalitasnya dalam mencoba hal baru.

Misalnya, saat anak sedang belajar mengendarai sepeda. Bantu semangati dia untuk terus mencoba meski sudah beberapa kali jatuh.

Izinkan Anak Merasakan Kegagalan
Orang tua tak akan bisa selalu membantu dan memudahkan setiap usaha yang dilakukan anak. Izinkan anak merasakan kegagalan. Dengan merasakan kegagalan, anak bisa memiliki peluang untuk berusaha memperkuat diri untuk bangkit dan mencoba kembali.

Kegagalan bisa cukup memalukan bagi anak. Namun, ketika anak bisa belajar dari kegagalan untuk mau mencoba lagi, ke depannya anak bisa memiliki mental yang lebih baik menghadapi situasi yang baginya tidak mengenakkan.

Fasilitasi Minat atau Bidang yang Disukai Anak
Sebagai orang tua harus mencari tahu hal apa saja yang disukai atau diminati oleh anak. Beri anak kesempatan untuk mencoba berbagai pengalaman dan aktivitas agar ia bisa menemukan hal yang benar-benar disukainya.

Baca Juga: Bupati Bangkalan Apresiasi Kinerja Wartawan

Di sini, orang tua bisa bantu mengarahkan dan memfasilitasinya. Anak pun bisa lebih merasa bahagia dan bersemangat mencoba hal yang memang disukainya.

Puji Upaya yang Dilakukan Anak
Kerap kali berilah pujian pada anak atas hasil yang didapatkan. Jika fokus hanya pada hasilnya saja, maka ketika anak gagal, anak akan merasa tidak berguna. Cobalah untuk memuji upaya atau usaha yang sudah dilakukan anak. Memuji semangat dan kemauannya untuk mencoba hal baru pun bisa membuat anak merasa lebih percaya diri.

Anak-anak mudah meniru orang-orang yang dekat dengannya, khususnya orangtuanya. Dalam hal kepercayaan diri, kita bisa jadi panutan mencontohkan tindakan atau sikap percaya diri supaya anak bisa mengikuti cara yang orang tua lakukan.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.