oleh

4 Cara Mudah Atasi Layar Smartphone Kurang Sensitif

PortalMadura.Com – Selain jaringan yang lemot, layar sentuh smartphone yang kurang sensitif tentu bisa bikin pemiliknya sangat kesal. Terutama saat lagi asyik-asyiknya main game atau sibuk chat dengan teman medsos.

Jika Anda mengalami hal ini tidak perlu khawatir atau marah-marah pada ponsel Anda, sebab ada beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi layar sentuh smartphone yang kurang sensitif.

Berikut empat cara yang bisa Anda lakukan agar layar bisa jadi lebih sensitif, seperti dilansir Detik.com yang mengutip dari Tag Mobile:

Kalibrasi

Ponsel yang sudah lama digunakan, kinerjanya memang akan semakin berkurang, salah satunya sensitivitas layar menurun. Hal ini bisa terjadi karena penggunaan yang kurang berhati-hati.

Untungnya, saat ini banyak ponsel Android yang telah dilengkapi dengan alat kalibrasi yang disediakan oleh pabrikan. Untuk itu, langkah pertama yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan sensitivitas layar ponsel adalah dengan melakukan kalibrasi ulang.

Baca Juga: 5 Cara Perbaiki Layar Smartphone Bermasalah

Loading...

Ganti Screen Guard

Ada banyak tipe screen protector yang tersedia. Anda bisa memilih screen mana yang cocok dan tidak terlalu tebal yang bisa mengganggu sensitivitas layar. Pada beberapa ponsel Android, ditawarkan juga fitur ‘Touch Sensitivity‘ pada bagian ‘settings’ atau ‘pengaturan’ di mana Anda bisa meningkatkan sensitivitas layar ketika menggunakan pelindung layar.

Jangan Lupa Rutin Dibersihkan

Rutin membersihkan layar ponsel memang penting dilakukan. Selain bisa jadi sarang kuman yang mengundang penyakit, akumulasi kotoran bisa membuat layar jadi lebih lamban merespon. Bersihkan secara rutin menggunakan kain yang lembut, kapas atau alcohol wipe.

Atur Aplikasi

Malfungsi layar sentuh juga dapat terjadi karena sembarang aplikasi. Biasanya, aplikasi semacam itu adalah malware yang memicu restart yang tidak diinginkan dan juga mengurangi sensitivitas layar sentuh sehingga menjadikannya tidak responsif. Nah, salah satu solusi lain yang lebih sederhana, pastikan Anda hanya mengunduh aplikasi yang memiliki peringkat dan ulasan yang bagus.


Rewriter : Salimah
Sumber : detik.com

Berita PortalMadura Aplikasi Android PortalMadura
Loading...

Komentar