5 Cara Perbaiki Layar Smartphone Bermasalah

Avatar of PortalMadura.Com
5 Cara Perbaiki Layar Smartphone Bermasalah
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Salah satu bagian paling vital pada yaitu layar. Karena jika layar rusak maka secara otomatis tidak bisa digunakan. Apalagi saat ini hampir semua smartphone android itu touchscreen.

Nah, jika Anda bermasalah tentu akan langsung dibawa ke tempat servis yang pastinya mengeluarakan budget yang tidak sedikit. Sebenarnya, ada beberapa cara untuk memperbaiki layar smartphone Anda sebelum dibawa ke tempat servis. Penasaran?

Berikut ini caranya:

Ghost Touching
Ghost Touching merupakan kondisi di mana layar smartphone berjalan tanpa disentuh. Penyebabnya biasanya yaitu kerusakan LCD atau juga arus listrik berlebih yang berjalan di dalam panel layar smartphone Anda.

Awal mula layar smartphone ‘kumat' bisa jadi diakibatkan oleh pengisian daya lewat charger yang rusak atau juga tegangan yang tinggi.

Jadi, usahakan jangan sering menggunakan charger yang bukan bawaan buat smartphone Anda. Kalau Anda sering melakukannya, layar smartphone akan rusak dan risiko terberatnya yaitu harus menggantinya.

Dead Pixel
Dead Pixel yaitu layar di mana ada beberapa piksel yang mati. Jadi, ada bagian di mana layar smartphone Anda tidak menyala dengan normal, seperti adanya bercak noda atau hitam sekali pun.

Jika dibiarkan, Dead Pixel bisa menyebar ke bagian lain dan perlahan bisa merusak layar smartphone secara keseluruhan. Jika Anda melihat ada tanda-tanda Dead Pixel di layar smartphone, coba perbaiki dengan menggunakan aplikasi Pixel Fixer.

Aplikasi tersebut bisa menjalankan spektrum cahaya dinamis agar bisa merangsang layar smartphone merespon semua warna yang ditampilkan. Selain warna, reka cahaya ini juga bisa mengembalikan sensitivitas layar.

Baret Smartphone
Baret di smartphone merupakan masalah yang seringkali dialami pengguna. Padahal, cara untuk mencegah layar tergores sangat mudah yaitu pasang saja layar smartphone dengan screen protector.

Jika Anda terlanjur mengalami hal menyebalkan ini, coba hilangkan goresan dengan menempelkan pasta gigi di layar.

Oles ke bagian goresan, diamkan sejenak, lalu lap dengan kain microfiber basah. Lakukan cara ini setidaknya 3 kali agar goresan hilang secara perlahan.

Flickering
Flickering merupakan layar yang berbayang dan biasanya disebabkan oleh aplikasi. Caranya sangat mudah yaitu hapus saja aplikasi yang membuat layar smartphone Anda bergoyang. Biasanya, aplikasi yang membuat layar smartphone flickering yaitu aplikasi kamera dan gim yang membutuhkan fitur Auto Brightness.

Layar Tidak Sensitif
Jika Ghost Touching membuat layar smartphone bergerak sendiri tanpa instruksi, kasus ini malah sebaliknya. Pengguna akan mengalami kesulitan mengontrol layar karena lagging. Biasanya, hal itu terjadi akibat overheat.

Solusinya sederhana, matikan layar smartphone untuk beberapa saat. Setelah ‘mendingin', nyalakan kembali smartphone. (liputan6.com/Desy)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.