4 Cara Nyaman Menyusui Balita Untuk Anda yang Punya Payudara Kecil

Avatar of PortalMadura.com
4 Cara Nyaman Menyusui Si Kecil Untuk Anda yang Punya Payudara Kecil
ilustrasi

PortalMadura.Com – Bagi ibu baru seringkali merasa khawatir apa bisa menyusui dengan baik jika memiliki . Sebetulnya, ukuran payudara tidak menentukan produktivitas Air Susu Ibu (ASI). Ukuran tersebut karena perbedaan jaringan lemak.

Untuk itu ibu baru tidak perlu khawatir, sebab penelitian telah menegaskan jaringan lemak yang membentuk payudara tidak ada hubungannya dengan suplai ASI. Jadi, ukuran cup bra tidak relevan dengan berapa banyak ASI yang ibu hasilkan.

“Kita perlu tahu payudara besar atau kecil itu dipengaruhi oleh banyaknya lemak di payudara ibu. Payudara besar, kecil, rata-rata sama aja produksi ASI-nya,” kata konselor laktasi dari RS Sari Asih Ciputat, dr Hikmah Kurniasari MKM, CIMI.

Selain itu, yang perlu Anda ketahui, ada alveoli di payudara yang jadi tempat diproduksinya ASI. Sebagaimana kata dr Hikmah, jumlah alveoli pada masing-masing ibu berbeda. Namun ibu tidak perlu khawatir, ASI tidak perlu banyak, yang penting cukup untuk bayi Anda.

Kendatipun memiliki sepasang payudara yang kecil, Anda masih bisa menghasilkan ASI yang sehat dan cukup untuk sang buah hati.

Nah, berikut ini empat cara yang bisa membantu Anda dengan payudara kecil ketika menyusui:

Pegang Bayi dengan Posisi Tangan Berbentuk V
Kebanyakan ibu disarankan untuk memegangi payudaranya menggunakan tangan bentuk C, yakni Anda memegang payudara dengan posisi ibu jari di bagian atas payudara dan jari-jari lain di bawah payudara. Nah, memegang payudara dengan tangan bentuk V dianjurkan untuk ibu menyusui dengan berpayudara kecil. Cara memegang bentuk V, letakkan telunjuk dan jari tengah di sekitar payudara.

Menyusui dari Kedua Payudara Setiap Saat
Ukuran payudara memang tidak memengaruhi produksi ASI. Tapi, cobalah menyusui bayi dari kedua payudara setiap kali menyusui, dan pastikan bayi mendapat cukup ASI. Mulailah dengan payudara yang berbeda setiap kalinya untuk memastikan Anda tidak memiliki sisa ASI (residu) di salah satu payudara.

Memberi ASI Secara Teratur
Anda bisa memberikan ASI setidaknya delapan hingga dua belas kali sehari untuk memastikan si kecil mendapat cukup nutrisi. Agar ini dapat dicapai, Anda bisa menyusui bayi setelah dua hingga tiga jam. Atau, jika Anda bekerja bisa juga memerah ASI. Pastikan mengonsumsi makanan yang bergizi karena bayi mendapat nutrisi dari apapun yang Anda makan.

Pastikan Menggendong Bayi dengan Benar
Menggendong dengan benar sangat penting untuk keberhasilan menyusui. Pastikan Anda bisa melihat lidah bayi ketika menarik bibir bawahnya dan Anda dapat mendengar suara bayi menelan ASI. Jika bayi terdengar membuat isapan dan suara klik, ubah posisi menggendong karena itu berarti bayi belum melekat pada puting dengan benar. (haibunda.com/Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.