oleh

4 Cara Tepat Simpan Makanan di Kulkas Selama Puasa Ramadan

PortalMadura.Com – Saat puasa kebanyakan orang lebih suka makan sahur dan berbuka di rumah. Selain berhemat, makan di rumah juga lebih terjamin kebersihannya.

Maka dari itu, bagi Anda yang akan bersiap memasak untuk keluarga, tentu berbagai jenis bahan makanan telah Anda beli sebelumnya. Akan tetapi, tahukah Anda bagaimana cara menyimpan jenis-jenis makanan tersebut di lemari pendingin alias kulkas?.

Untuk menghindari kesalahan menyimpan makanan di kulkas, berikut empat panduan untuk Anda:

Laci Kulkas
Laci pada kulkas dikhususkan untuk menyimpan buah dan sayuran. Sebaiknya, sebelum menyimpan buah dan sayur itu, Anda mencucinya terlebih dahulu. Kemudian, masukan ke dalam wadah tertutup sebelum akhirnya disimpan ke dalam lemari es.

“Karena hal ini mampu menjaga cita rasa dan kandungan vitamin dari bahan makanan tersebut,” kata Certified Culinary Nutrition Expert, Mia Maria.

Pintu Kulkas
Pintu kulkas adalah bagian terhangat di kulkas dan rentan mengalami perubahan suhu. Oleh karena itu, simpanlah makanan yang memiliki pengawet alami di tempat ini, seperti saus atau kecap, selai dan jus.

Loading...

Rak Bawah
Rak paling bawah pada kulkas harus selalu digunakan untuk menyimpan daging, ikan dan sejenisnya. Ia dipercaya dapat mencegah terjadinya kontaminasi antar makanan. Jangan lupa pula untuk tidak membiarkannya terbuka. Namun, dibungkus atau diletakan pada wadah agar tidak menimbulkan bau.

Baca Juga: Guys, Begini Cara yang Benar Simpan Udang di Dalam Kulkas

Rak Tengah dan Atas
Pada kedua bagian ini, disarankan untuk menyimpan jenis makanan yang cepat saji. Ini meliputi susu, jajanan, serta makanan sisa. Kedua rak ini sengaja dipilih berjarak dari daging agar jauh dari makanan mentah. Sehingga, bakteri berbahaya tidak dapat mentransfer dari makanan mentah ke makanan yang dimasak. Membungkus makanan sebagai bentuk proteksi ekstra dari kontaminasi juga dapat dilakukan.


Rewriter : Salimah
Sumber : tempo.co

Komentar