Kenali 5 Tips Membuat Kue Lidah Kucing Agar Renyah dan Enak

Avatar of PortalMadura.com
Kenali 5 Tips Membuat Kue Lidah Kucing Agar Renyah dan Enak
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Membuat lidah kucing yang tipis, super renyah, dan meleleh di mulut tidak mustahil. Kue berbahan dasar putih telur ini sebenarnya gampang untuk dibuat dan bahannya juga simpel. Namun, membuat cita rasanya ekstra itulah yang membutuhkan teknik tersendiri.

Tapi, ada teknik sendiri agar mendapatkan hasil dari kue lidah kucing yang tipis dan renyah serta lumer di mulut. Anda pun bisa membuat kue lidah kucing polos, bisa juga diberi pewarna, atau diberi tambahan topping seperti keju.

Bagi yang baru pertama kali mencoba membuat kue lidah kucing, ada beberapa tips penting nih yang perlu diperhatikan. Agar hasilnya sempurna dengan tekstur lidah kucing yang renyah dan pipih, berikut beberapa hal penting yang perlu diperhatikan.

Pastikan Tidak Ada Kuning Telur yang Masuk ke Adonan
Kue lidah kucing dibuat hanya dengan putih telur saja. Kuning telurnya harus benar-benar dipisahkan dan jangan sampai masuk ke adonan. Kalau kuning telur tercampur ke adonan, nantinya kue lidah kucing tidak bisa mengembang.

Baca Juga : Tips Memilih Baju Koko Lebaran untuk Anak

Di wadah lain, pisahkan bagian kuning telur dan putih telur. Lalu gunakan putih telur yang benar-benar bebas dari kuning telur untuk adonan lidah kucing.

Kocok Mentega Hingga Berwarna Putih dan Kaku
Mentega yang dikocok dengan mixer harus sampai berwarna putih dan kaku. Dengan hasil kocokan mentega yang sempurna, bentuk kue lidah kucing nantinya juga akan bagus. Seperti dalam proses pengocokan mentega dengan gula halus dan perisa vanili, kita perlu megocoknya sampai mengembang.

Gunakan Loyang Berbahan Alumunium
Loyang khusus untuk kue lidah kucing sudah memiliki ceruk-ceruk di dalamnya. Gunakan loyang yang berbahan alumunium yang tebal dan berkualitas. Olesi loyang dengan margarin tawar supaya kue lidah kucing nanti bisa mudah dilepaskan saat matang. Oleskan margarin tipis-tipis saja pada loyang secara merata.

Panggang dengan Api Kecil
Bentuknya yang tipis membuat kue lidah kucing rentang cepat gosong atau hangus saat dipanggang. Oleh karena itu, gunakan api kecil saja saat memanggangnya bila menggunakan oven kompor. Kalau api yang digunakan terlalu besar, nantinya bagian pinggir kue gosong tapi bagian tengahnya masih mentah. Jadi pastikan panas apinya tidak terlalu kuat.

Angkat Kue setelah Uap Panasnya Hilang
Setelah kue lidah kucing matang, sebaiknya tunggu beberapa menit terlebih dahulu sampai uap panasnya hilang. Tak harus menunggu sampai benar-benar dingin, karena kalau kelewat dingin malah sulit diangkat dari loyang.

Saat masih agak hangat dan uap panas sudah hilang, bisa memindahkan kue lidah kucing dari loyang ke cooling rack. Baru setelah itu bisa disimpan dalam stoples bertutup rapat.

Itu tadi sejumlah tips yang bisa dicoba untuk membuat kue lidah kucing yang tipis dan renyah. Semoga tips-tipsnya bermanfaat dan semoga hasil kue lidah kucing yang dibuat sesuai harapan.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.