4 Fakta Tentang Haid yang Perlu Anda Ketahui

Avatar of PortalMadura.Com
4 Fakta Tentang Haid yang Perlu Anda Ketahui
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Sebagian besar wanita pasti mengalami menstruasi setiap bulan. Hal ini rutin terjadi dan tidak hanya diketahui wanita namun juga pria. Karena hal ini berhubungan dengan kehamilan atau kehidupan hubungan intim Pasangan Suami Istri (Pasutri).

Sebenarnya, tidak hanya itu yang perlu di ketahui oleh wanita maupun pria tentang menstruasi. Karena ada beberapa fakta penting tentang menstruasi. Apa saja faktanya?

Berikut penjelasannya:

Darah Menstruasi Bukan Sembarang Darah
Setiap bulan, endometrium atau dinding rahim wanita mengalami peluruhan. Pada siklus ini, dinding rahim akan menebal untuk mempersiapkan diri menerima sel telur yang sudah dibuahi. Darah menstruasi bukanlah sembarang darah. Ini merupakan darah kotor yang berasal dari rahim karena tidak adanya pembuahan pada sel telur.

Wanita Bisa Tetap Hamil Saat Berhubungan Intim Selama Menstruasi
Nathaniel DeNicola, M. D. Seorang obstetrician dan gynecologist dari Penn Medicine mengungkapkan bahwa tidak semua wanita memiliki siklus menstruasi yang teratur. Karena tidak teraturnya siklus ini, seorang wanita bisa memiliki masa ovulasi atau masa subur yang berbeda antara satu dengan lainnya. Wanita juga bisa tetap hamil saat melakukan hubungan intim selama menstruasi.

Menstruasi Menyebabkan Kram yang Menyakitkan
Jangan heran jika saat menstruasi Anda mengalami kram perut atau pun kram punggung yang sangat menyakitkan. Sebuah penelitian yang dilakukan di Italia menemukan bahwa hampir 80% wanita mengalami kram perut yang cukup hebat saat menstruasi terutama di hari-hari pertama menstruasi.

PMS dan Wanita
PMS atau yang sering disebut sebagai sindrom pra menstruasi yaitu hal yang nyata. Hampir semua wanita mengalami PMS. Karena PMS, suasana hati seorang wanita bisa berubah jadi lebih buruk. Tidak jarang ia menjadi sangat sensitif, mudah marah dan tidak nyaman dengan dirinya sendiri. PMS juga bikin nafsu makan wanita meningkat. Biasanya, PMS terjadi 1 minggu sebelum wanita mengalami menstruasi.

Ladies, itulah beberapa fakta mengenai menstruasi yang penting wanita maupun pria tahu. Gimana nih kalau dengan Anda, mengalami empat fakta ini juga saat akan menstruasi? Semoga informasi ini bermanfaat. (vemale.com/Desy)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.