oleh

4 Hal yang Dibutuhkan Balita dari Ibunya, Apa Saja?

PortalMadura.Com – Menjadi seorang ibu memang tidak mudah, mereka harus siap merasakan cinta dan frustrasi daripada yang pernah dirasakan sebelumnya. Terkadang perasaan itu muncul bersamaan dan membuat emosi sulit terkendali, sehingga mayoritas orang tua, terutama bagi ibu baru merasa kewalahan dalam memahami balitanya.

Ya, tingkah anak memang ‘ajaib’. Bagi Anda yang memiliki anak balita, bersiaplah melihat kejutan setiap hari. Kepintaran-kepintaran baru balita akan menjadi tantangan baru bagi ibu dalam marawat dan mengasuh si buah hati. Itu artinya, ibu akan sering mengalami kekhawatiran dan harus memastikan anaknya baik-baik saja.

Bahkan, tantangan khusus merawat balita memang sulit. Ibu akan berurusan dengan rasa sakit dan emosi. Dalam merawat dan mengasuh balita, ketahuilah banyak hal yang dibutuhkan mereka dari ibunya untuk belajar tentang dunia ini.

Berikut ini empat hal yang dibutuhkan balita dari ibunya:

Butuh Dibiarkan Menjadi Diri Sendiri
Tekanan di dunia ini cukup besar sehingga mendesak anak-anak untuk belajar lebih banyak dan tumbuh lebih cepat. Balita tumbuh satu mil setiap menit. Terkadang, mereka membutuhkan ibu untuk memperlambat segalanya dan membiarkan mereka tahu tidak apa-apa menjadi diri mereka sendiri.

Maka biarkan mereka bergerak dengan kecepatan mereka sendiri, biarkan mereka menunjukkan mainan favorit sampai 50 kali berturut-turut, biarkan juga mereka diam saja sejenak tanpa harus melakukan apa-apa.

Butuh Contoh Hidup Sehat dan Baik
Jika Anda ingin anak memakan kacang hijaunya, sebaiknya Anda melakukan hal yang sama. Pada usia ini, anak-anak suka menyalin apa yang dilakukan orang lain, jadi beri contoh memakan-makanan sehat dan olahraga rutin agar anak mengikutinya.

Butuh Mendengar Kata-kata Penuh Kasih
Waktu ibu sering habis hanya untuk melayani kebutuhan di rumah. Mereka bersih-bersih, masak, mengganti popok, mencuci, dan bekerja. Setiap hari ibu rutin melakukan itu. Tapi di tengah semua pemberian tanpa pamrih ini, Anda mungkin lupa memberi tahu anak-anak apa arti semua itu.

Anda mencintai mereka tanpa syarat. Jadi di tengah kesibukan mengurus anak, pastikan mereka mendengar Anda mengungkapkan rasa cinta.

Butuh Dibacakan Cerita
Tidak ada cara yang lebih baik membangun ikatan dengan anak melalui cara benar-benar hadir untuknya. Maka cobalah bacakan cerita untuknya. Beberapa studi menunjukkan, bahwa membacakan cerita untuk anak membantu mereka belajar berbicara, berinteraksi, bergaul dengan orang tua dan bisa membaca. (okezone.com/Salimah)