4 Hal yang Harus Diwaspadai Saat Motor Tak Gunakan Aki

Avatar of PortalMadura.com
4 Hal yang Harus Diwaspadai Saat Motor Tak Gunakan Aki
ilustrasi

PortalMadura.Com – Keberadaan aki bagi sebagian pengendara dianggap tidak terlalu penting. Pasalnya, dengan tidak menggunakan aki pun kelistrikan motor masih tersuplai dari sepul selama motor menyala.

Kendati demikian, tanpa komponen tersebut, motor tidak akan berfungsi secara maksimal karena banyak fitur yang tidak bisa digunakan tanpa adanya aki.

Baca Juga: 5 Tips Rawat Aki Mobil Agar Tak Mudah Soak

Selain itu, berikut ini empat hal yang harus diwaspadai saat motor tidak lagi menggunakan aki:

Lebih Sulit Menghidupkan Mesin
Saat menyalakan motor, lebih mudah jika pengendara menggunakan electric starter. Tanpa aki, sistem ini tidak akan berfungsi. Sehingga, menggunakan kick starter untuk menyalakan motor adalah cara satu satunya.

Listrik Motor Mati Total
Saat motor mati, seluruh kelistrikan tidak akan bisa berfungsi. Alhasil, indikator persneling motor Anda tidak memiliki keterangan sedang berada di gigi berapa dan klakson tidak akan berfungsi maksimal.

Lampu Sein tidak Berfungsi Optimal
Lampu sein merupakan salah satu yang paling penting, karena fungsinya saat berkendara. Selain untuk menunjuk arah, lampu sein adalah media komunikasi antar pengendara. Tanpa aki, lampu sein bisa tidak berkedip karena terpengaruh oleh RPM motor. Semakin kencang RPM, semakin tidak berkedip lampu sein. Hal ini akan menjadi masalah untuk keamanan pengendara lain.

Lampu Ikut Kinerja RPM Motor
Fungsi lampu di sepeda motor sangatlah penting. Tanpa adanya aki, kinerja lampu akan mengikuti besaran RPM motor. Jika RPM nya tinggi, lampu akan sangat terang. Namun saat rendah, lampu akan redup bahkan tidak terlihat menyala.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.