4 Hal yang Perlu Anda Perhatikan Sebelum Beli Powerbank

Avatar of PortalMadura.Com
4 Hal yang Perlu Anda Perhatikan Sebelum Beli Powerbank
ilustrasi

PortalMadura.Com merupakan salah satu alat elektronik yang kini selalu dibawa ke mana-mana bersama smartphone. Sebab, benda yang satu ini dapat mengantisipasi baterai gadget drop secara tiba-tiba di saat yang tidak diinginkan.

Nah, bagi Anda yang ingin membeli alat ini tentu harus teliti. Pasalnya, jika salah beli akan menyebabkan penyesalan berkepanjangan. Oleh karena itu, sebelum membeli powerbank, penting sekali Anda untuk mengetahui beberapa hal terlebih dahulu. Berikut penjelasan lengkapnya:

Tentukan Kapasitas
Sebelum memutuskan merogoh kocek untuk membeli powerbank, sebaiknya tentukan terlebih dahulu kapasitas powerbank yang Anda butuhkan.

Misalnya, jika Anda memiliki smartphone dengan kapasitas baterai 2000mAh, maka sebaiknya Anda membeli powerbank dengan kapasitas di atasnya. Seperti 5000mAh, sehingga logikanya Anda bisa mengisi baterai dua kali dari satu powerbank.

Perhatikan Lubang Konektor
Powerbank mempunyai dua jenis lubang konektor, yaitu di samping dan di bagian atas. Powerbank yang konektornya di bagian samping ketika digunakan dan ditaruh di dalam tas, membuat kabel USB charger tertekuk karena berhimpitan dengan barang lainnya dan akhirnya putus pada bagian dalamnya. Jadi, sesuaikan dengan kondisi Anda, apakah lebih mudah yang di samping atau di atas?.

Pilih yang Memiliki Fitur Keamanan
Powerbank yang tidak memiliki safety protection berpotensi mengakibatkan kerusakan yang fatal pada gadget. Fitur perlindungan yang dimaksud adalah short circuit protection, fitur perlindungan terhadap arus pendek yang mungkin menimbulkan kebakaran atau ledakan ketika digunakan.

Kemudian ada overcharge protection, di mana powerbank akan melindungi pengguna dari pengisian baterai berlebih. Selain itu, ada temperature protection yang berfungsi menjaga suhu powerbank agar tidak overheat.

Cek Keasliannya
Cara paling sederhana mengenali powerbank palsu atau asli adalah dengan cara mengguncang powerbank. Jika ada bunyi yang keluar berarti itu palsu.

Tapi biasanya, tidak semua penjual bersedia bila barang jualannya diperlakukan seperti itu. Jadi, cek saja tulisan informasi produk yang melekat pada alumunium casing di powerbank. Powerbank palsu biasanya menggunakan stiker kertas untuk menjelaskan informasi produk, nomor produk, jenis atau tipe, dan merek produk. (liputan6.com/Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.