oleh

4 Jenis Kursus di RuAs Pemuda Sumenep Resmi Dibuka

PortalMadura.Com, Sumenep – Program kursus yang menjadi andalan Rumah Aspirasi (RuAs) Pemuda Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, akhirnya resmi dibuka, Minggu, (24/4/2016).

Sebanyak 87 pelajar SMP/SMA delegasi dari beberapa sekolah di Kota Sumekar itu, siap dilatih oleh tutor andalan yang disiapkan oleh RuAs Pemuda, di Jl. Lontar No. 5 Pangarangan Sumenep.

Semua peserta hadir dalam pembukaan itu dan dilakukan brifing dan sosialisasi tata tertib kursus.

“Kami sengaja mengundang para peserta agar mereka tahu aturan yang berlaku selama kursus berlangsung,” kata Fauzan, Senin, (25/4/2016).

Ada empat jenis kursus yang diadakan oleh RuAs Pemuda yang akan berlangsung selama tiga bulan dengan dua kali tatap muka selama satu pekan.

“Kursus bahasa Inggris dan komputer ada 3 kelas, sementara desain grafis dan kelas menulis masing-masing satu kelas. Mohon kepada seluruh peserta agar serius mengikuti materi-materi yang telah kami siapkan,” jelasnya

Sementara itu, Syamsuni, Komisaris Rumah Aspirasi Pemuda yang membuka langsung pembukaan kursus meminta kepada para peserta agar benar-benar mengikutinya secara serius. Sebab lanjutnya, peserta tidak dipungut biaya apapun.

“Yang kami minta hanya kesungguhan peserta dalam mengikuti kursus. Karena kursus yang diadakan oleh RuAs tidak hanya sekadar kursus, tetapi demi generasi Sumenep di masa mendatang,” katanya.

Sosok pemuda yang jago menulis menjelaskan lebih detail terkait tujuan kursus. Menurutnya, Sumenep di masa mendatang membutuhkan anak-anak negeri yang unggul dan punya keahlian.

“Bahasa Inggris misalnya, dibutuhkan oleh Sumenep karena ke depan Sumenep akan menjadi kota wisata. Sementara komputer dan desain dibutuhkan agar muncul-muncul pelajar dan pemuda yang jago komputer dan desain. Sedangkan khusus kelas menulis untuk memberikan bekal kepada pelajar agar saat kuliah nanti,” ungkapnya.

Untuk itulah, kata pria yang akrab dipanggil Soe itu agar semua peserta mengikuti sampai akhir.

“Walaupun seleksi alam dalam hal apapun itu akan berlaku. Tetapi kami harap dengan 20 peserta perkelas, semua akan lulus dengan sempurna,” tegasnya.

Soe juga mempersilakan para peserta untuk menggunakan fasilitas RuAs kapanpun yang mereka mau.

“Silahkan gunakan fasilitas yang sudah kami sediakan, bisa mengerjakan tugas di sini, kami juga sediakan wifi yang bisa diakses dengan gratis, buku-buku memang belum banyak, tapi sebentar lagi rak-rak akan mulai terisi penuh,” pungkas Direktur Roemah Ilmoe itu.

Pada waktu bersamaan, salah satu wali siswa yang hadir menggantikan anaknya mengungkapkan sangat apresiatif terhadap program yang diadakan oleh Rumah Aspirasi Pemuda.

“Semoga program-program di sini berjalan dengan lancar, dapat mencapai tujuan yang diharapkan. Kami ingin titip anak saya di sini, mohon dibimibing dengan baik”, ungkapnya. (Rls/har)



Dapatkan Aplikasi PortalMadura.com

aplikasi portal madura
Loading...
Loading...