4 Keunggulan Isi Angin Ban dengan Nitrogen

Avatar of PortalMadura.com
4 Keunggulan Isi Angin Ban dengan Nitrogen
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Salah satu komponen kendaraan yang sangat penting yaitu . Oleh karena itu, ban harus selalu dalam kondisi prima agar pengendara nyaman ketika berkendara. Hal yang perlu dilakukan yaitu rutin memeriksa dan mengisi angin pada ban. bisa menjadi pilihan dibandingkan pengisian angin biasa.

Apalagi pengisian ban dengan nitrogen sudah banyak ditemui di pinggir jalan atau bahkan di SPBU. Sehingga memudahkan pengendara untuk isi ban dengan nitrogen. Selain itu, ada beberapa kelebihan lain yang bisa Anda peroleh ketika isi ban dengan nitrogen. Sebagaimana dilansir PortalMadura.Com, Rabu (13/11/2019) dari laman liputan6.com yang dikutip dari auto2000.

Berikut ini penjelasannya:

Tidak Mudah Bocor

Tekanan angin ban cenderung lebih stabil saat menggunakan nitrogen dibandingkan angin biasa. Hal ini karena partikel molekul nitrogen memiliki ukuran lebih besar dibanding molekul angin biasa yang membuat angin lebih sulit keluar dari pori-pori ban.

Baca Juga: Suara Geluduk, Langit Mendung dan Gerimis Warnai Kota Sumenep

Hemat BBM dan Daya Cengkram Tinggi

Kemampuan nitrogen yang tidak mudah bocor membuat ban lebih lama berada pada tekanan angin optimal. Tekanan angin yang kurang dapat menghambat kendaraan sehingga membutuhkan tenaga lebih besar untuk melaju dan berdampak pada konsumsi bahan bakar yang lebih boros.

Tekanan ban yang optimal membuat dapat membuat konsumsi bahan bakar lebih irit hingga sekitar 3,3 persen. Selain itu, tekanan yang pas juga membuat tapak ban menempel lebih sempurna pada permukaan jalan.

Minim Potensi Ban Meledak

Nitrogen memiliki suhu yang lebih rendah dibanding oksigen. Penggunaan nitrogen membuat suhu udara di dalam ban lebih stabil sehingga terhindar dari risiko meletus akibat kepanasan. Untuk kendaraan yang disimpan dalam jangka waktu cukup lama, nitrogen dapat bertahan selama satu hingga tiga minggu lebih lama dibanding angin biasa.

Lebih Awet

Angin biasa rentan terhadap proses oksidasi sehingga dapat menyebabkan ban menjadi cepat rusak dan keras. Nitrogen merupakan gas udara murni yang sudah tersaring sehingga tidak mengalami proses tersebut.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.