4 Khasiat Tersembunyi Lakukan Donor Darah Bagi Kesehatan

Avatar of PortalMadura.com
4 Khasiat Tersembunyi Lakukan Donor Darah Bagi Kesehatan
ilustrasi

PortalMadura.Com – Donor darah ternyata tidak hanya sekadar menolong orang lain, namun juga memiliki banyak manfaat untuk tubuh si pendonor. Khasiat kesehatan yang bisa didapat dari donor darah pun tidak main-main, mulai dari menurunkan berat badan hingga risiko masalah jantung.

Oleh karena itu, ketika Anda memutuskan untuk melakukan donor darah, hal pertama yang harus Anda perhatikan adalah kondisi fisik Anda sebaiknya dalam keadaan prima sebelum melakukan donor darah. Dengan kondisi fisik yang prima ini, Anda bisa melakukan donor darah pada orang lain tanpa menimbulkan efek buruk pada tubuh Anda sendiri. Lantas, apa saja manfaatnya?.

Baca Juga: Inilah 9 Manfaat Rutin Donor Darah Bagi Kesehatan Tubuh

Berikut ini empat manfaat sehat donor darah, dilansir merdeka.com yang mengutip dari laman Medical Daily:

Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Menurunnya risiko penyakit jantung merupakan salah satu manfaat utama dari melakukan donor darah. Sebagaimana sebuah penelitian yang dipublikasikan oleh American Journal of Epidemiology, sekitar 88 persen dari pendonor cenderung terjaga dari serangan jantung dan sekitar 33 persen terlindungi dari berbagai penyakit kardiovaskular.

Jadi Sarana Pemeriksaan Kesehatan

Saat seseorang hendak melakukan donor darah biasanya akan dilakukan sejumlah tes kesehatan terlebih dahulu. Pada saat itu, Anda akan mengalami pengecekan hemoglobin, detak jantung, dan tekanan darah. Hal ini bisa menjadi sarana yang tepat untuk memeriksa kondisi kesehatan termasuk mengawasi risiko yang mungkin Anda alami.

Dari hal tersebut, tentu banyak manfaat luar biasa yang bisa Anda dapatkan dari donor darah, salah satunya adalah Anda menjalani pemeriksaan kesehatan kecil-kecilan.

Membantu Membakar Kalori

Satu kali donor darah bisa membakar hingga 650 kalori pada tubuh seseorang. Ketika Anda mendonorkan darah, tubuh bakal bekerja lebih keras untuk mengganti darah yang keluar. Sehingga manfaat mendonorkan darah yang selanjutnya bisa membantu membakar kalori pada tubuh Anda.

Membuang Kelebihan Zat Besi dari Tubuh

Ketika mendonorkan darah, seseorang bakal mengeluarkan sekitar 225 hingga 250 zat dari tubuh. Hal ini bisa mengurangi komplikasi kesehatan yang disebabkan kelebihan zat besi.

Berdasar penelitian yang dimuat pada Journal of American Medical Association, seseorang yang melakukan donor darah secara rutin cenderung memiliki risiko strokes dan serangan jantung lebih rendah. Sejumlah hal tersebut bisa jadi pertimbangan bagi Anda untuk melakukan donor darah secara rutin. Selamat mencoba!

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.