4 Langkah Ini Bisa Hasilkan Foto Portrait Estetis Ala Fotografer, Berani Coba?

Avatar of PortalMadura.com
Rewriter: Putri KuzaifahRujukan: Liputan6.com
4-Langkah-Ini-Bisa-Hasilkan-Foto-Portrait-Estetis-Ala-Fotografer,-Berani-Coba
Ilustrasi (bungkul.com)
    Bagikan:

PortalMadura.Com – Teknik fotografi potret yang lebih menonjolkan objek manusia menjadi aktivitas yang kini digemari banyak orang. Kemudahan memotret dengan kualitas kamera depan di smartphone tersebut tidak hanya dilakukan oleh fotografer profesional. Tapi, yang tidak pernah belajar fotografi pun bisa menghasilkan foto diri yang bagus.

Walaupun semakin ke sini kamera depan di smartphone kian canggih untuk menghasilkan foto portrait, namun tidak semua orang tahu bagaimana mendapat hasil foto yang maksimal dan bagus. Menyikapi hal itu, Oppo Indonesia memberikan empat tips untuk menghasilkan foto portrait yang lebih estetis.

Berikut penjelasan lengkapnya sebagaimana dilansir PortalMadura.Com, Kamis (27/1/2022) dari laman Liputan6.com:

Sebarkan Sumber Pencahayaan

Paparan cahaya alami yang soft dan tersebar dari sumber tidak langsung adalah pendukung terbaik untuk menghasilkan foto portrait. Sebaliknya, cahaya langsung yang keras atau sinar matahari penuh dapat menimbulkan bayangan gelap yang tidak diinginkan atau menciptakan warna kulit yang terlihat tidak natural.

Apabila Anda menggunakan cahaya tambahan seperti lampu sorot atau LED, sebaiknya pasang bagian depannya dengan diffuser seperti soft box atau lembaran putih untuk membantu melembutkan cahaya dan menghasilkan efek yang natural.

Cari Posisi Berbeda

Selain cara di atas, Anda dapat membawa perspektif baru ke foto dengan melanggar aturan sepertiga dan memotret pada sudut yang tidak tersusun begitu rapi, atau bahkan setinggi mata subjek.

Cobalah mengambil bidikan pada sudut dan jarak yang berbeda di sekitar model foto, semisal dari arah samping atau atas bahkan dengan cara candid untuk mengetahui sudut portrait terbaik.

Bermain dengan Komposisi

Apabila Anda memotret objek dengan kamera belakang ponsel, maka Anda bisa bermain komposisi menarik untuk menghasilkan foto portrait yang estetis.

Sebagai contoh, Anda bisa memotret melalui objek transparan agar dapat menghasilkan pola atau pantulan yang unik, sedangkan memotret melalui sesuatu seperti pagar dapat memberikan pembingkaian yang menarik di sekitar subjek. Selain itu, Anda juga dapat menangkap subjek melalui jendela toko atau di antara cabang untuk komposisi yang lebih dinamis.

Lakukan Pengeditan

Setelah aktivitas memotret fotografi portrait selesai, maka selanjutnya Anda bisa melakukan pengeditan agar hasil jepretan foto makin apik. Anda bisa memangkas tepi yang tidak diinginkan, mencerahkan bayangan yang mengganggu, atau mengubah latar belakang bidikan.

Semua proses pengeditan foto bisa dilakukan dengan aplikasi bawaan dari ponsel atau berbagai program editor foto. Bagaimana, ingin mencobanya?. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.