4 Langkah Jitu Hindari Peretasan Akun Instagram

Avatar of PortalMadura.com
4 Langkah Jitu Hindari Peretasan Akun Instagram
ilustrasi

PortalMadura.Com – Seiringnya waktu, perkembangan teknologi semakin canggih sehingga menghadirkan berbagai manfaat yang turut memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam melakukan sejumlah aktivitas. Termasuk berkomunikasi dan berdagang, yang kini umum dilakukan di jejaring sosial, salah satunya via Instagram.

Menariknya, aplikasi berbasis foto dan video ini kini banyak dimanfaatkan masyarakat untuk sekadar menyampaikan aspirasi, kreatifitas, karya mereka, ataupun menampilkan foto produk yang diperdagangkan. Hal ini pun turut memicu pelaku tindak kejahatan siber untuk melakukan pengambilalihan akun Instagram.

Umumnya, pelaku kejahatan siber akan mengambil alih akun Instagram yang telah memiliki banyak pengikut, kemudian mengubah nama akun, gambar profil, email dan nomor telepon yang dihubungkan sebagai salah satu cara melakukan otentifikasi. Sehingga, hal ini menyebabkan pemilik akun akan mengalami kesulitan untuk memulihkan akses ke akunnya kembali.

Tindakan ini jelas akan merugikan pemilik akun, terutama jika akun Instagram diambilalih untuk aktivitas tidak baik. Karenanya, untuk menjaga akun Instagram tetap aman, Anda dapat melakukan sejumlah langkah berikut ini:

1. Jangan klik tautan yang mencurigakan.

2. Periksa ulang alamat laman lokasi Anda berencana memasukan informasi pribadi.

3. Gunakan aplikasi jejaring sosial resmi yang dipasang dari sumber terpercaya.

4. Jangan bagikan informasi login akun dengan pihak ketiga. (metrotvnews.com/Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.