oleh

4 Langkah Mudah Cegah Penuaan Dini di Usia 20-an

PortalMadura.Com – Kulit bisa dikatakan dalam kondisi terbaiknya saat seseorang berusia 20-an. Di umur ini, masa kulit remaja sudah terlewati dan belum memasuki masa kulit yang akan mulai mengalami penuaan. Dengan kata lain fase ini kulit mengalami peralihan dari yang mudah mengalami breakout ke sebelum penuaan.

Di usia ini Anda tidak akan menemukan tanda-tanda penuaan pada kulit, namun, justru pada masa inilah Anda perlu merawat kulit untuk mencegah munculnya tanda penuaan pada kulit. Oleh karena itu, lakukan beberapa hal ini agar Anda tidak mengalami kerutan pada kulit di usia 20-an. Penasaran?.

Berikut penjelasannya:

Jangan Malas Menggunakan Sunscreen
Saat hari cerah, mendung, atau hujan sekalipun, penggunaan sunscreen 365 hari dalam setahun adalah sebuah keharusan. Sinar matahari, baik itu secara langsung ataupun terpapar melalui jendela, dapat merusak struktur DNA kulit dan memicu munculnya tanda-tanda penuaan. Maka dari itu, sunscreen menjadi salah satu tahap terpenting dalam rutinitas skin care yang dapat mencegah penuaan dini pada kulit.

Pilihlah sunscreen yang ringan dan terasa nyaman digunakan seharian. Selain itu, jangan lupa juga untuk mengaplikasikan kembali sunscreen setiap 2 jam sekali apabila Anda sedang berkegiatan di luar ruangan.

Rajin Mengonsumsi Makanan yang Mengandung Omega-3
Selain dengan merawat kulit dari luar, perawatan kulit dari dalam juga tidak kalah pentingnya. Salah satunya adalah dengan cara mengonsumi makanan yang kaya akan kandungan Omega-3. Omega-3 adalah asam lemak esensial yang dibutuhkan tubuh untuk membuat sel-sel tubuh, termasuk kulit, agar dapat berfungsi dengan baik.

Loading...

Asam lemak ini mampu menjaga kelembapan dan kekencangan sel kulit. Dengan rutin mengonsumsi Omega-3, Anda dapat meningkatkan kemampuan kulit untuk mengikat cairan, menyamarkan kerutan, dan melembutkan kulit. Anda dapat memenuhi kebutuhan dari Omega-3 dengan cara rajin mengonsumsi alpukat, salmon, chia seed, almond, dan minyak zaitun.

Rutin Mengaplikasikan Krim Mata Setiap Hari
Kulit sekitar mata merupakan area di mana kulit mengalami penuaan paling dini. Kebiasaan senyum, squinting, dan menggosok mata merupakan beberapa hal yang dapat mempercepat kemunculan garis-garis halus pada sekitar mata. Maka dari itu, penting untuk menjaga area ini terhidrasi dan ternutrisi dengan baik.

Dengan menggunakan krim mata pada usia 20-an Anda bisa mencegah dan mengurangi tampilan kerutan dan garis halus pada area mata. Jika Anda masih berada di awal usia 20, pilihlah krim mata yang bertekstur ringan dan memiliki tekstur gel. Sedangkan pada usia akhir 20, mulailah gunakan krim mata yang bersifat melembapkan dan memiliki kandungan aktif.

Hindari Mengonsumi Makanan dan Minuman yang Tinggi Gula
Tahukah Anda?. Gula merupakan musuh alami dari kolagen. Kerutan, garis halus, dan kulit yang kendur merupakan dampak dari proses glycation, sebuah proses di mana molekul gula berlebih merekatkan dirinya pada serat kolagen dan membuatnya kehilangan kekuatan serta fleksibilitasnya.

Hasilnya, kulit pun akan menjadi kurang elastis dan lebih rapuh terhadap kerusakan akibat sinar matahari, kemunculan keriput, dan kulit kendur. Kalau tidak ingin hal ini terjadi pada Anda, segera kurangi konsumsi gula Anda, ya! Selain itu, Anda juga harus lebih berhati-hati dalam mengonsumsi buah-buahan manis karena gula alami dalam buah pun dapat memberikan efek yang sama. (vemale.com/Desy)



Komentar