4 Makanan yang Bisa Atasi Dehidrasi Saat Mudik Lebaran, Salah Satunya Sayuran

Avatar of PortalMadura.com
4 Makanan yang Bisa Atasi Dehidrasi Saat Mudik Lebaran, Salah Satunya Sayuran
ilustrasi

PortalMadura.Com merupakan momen yang paling ditunggu-tunggu, terutama bagi para pekerja yang jauh dari kampung halaman. Sayangnya, di momen ini biasanya perjalanan harus ditempuh selama berjam-jam, atau bahkan berhari-hari.

Sehingga, hal ini tentu bisa membuat tubuh mengalami . Jika tidak dicegah atau cepat diatasi, hal ini bisa berbahaya untuk kesehatan.

Sebagaimana menurut dr.Theresia Rina Yunita, dehidrasi umumnya dapat terjadi akibat kurangnya asupan cairan yang diperlukan tubuh. Dalam kondisi puasa, hal ini sangat biasa terjadi. Oleh karena itu, Anda harus memerhatikan benar asupan nutrisi saat buka puasa dan sahur.

Apalagi, kondisi dehidrasi yang berlarut-larut bisa mengganggu kesehatan Anda, karena bisa mengakibatkan badan lemas, syok, sakit kepala, bahkan bisa berujung pada kematian. Anda tentu tidak ingin mengalami kondisi tersebut saat mudik dan puasa bukan?. Solusinya, cukupi kebutuhan cairan tubuh Anda dengan mengonsumsi yang bergizi.

Berikut empat makanan yang bisa membantu Anda mengatasi masalah dehidrasi saat mudik:

Sup
Saat sahur sebelum mudik, pilihlah menu sahur berupa sup. Dikutip dari Livestrong, hidangan sup yang disarankan adalah sup yang dibuat dari campuran kaldu ayam dan sayuran. Kandungan nutrisi, cairan, serta vitamin dan mineral di dalam sup, dapat membantu untuk mencegah Anda mengalami dehidrasi. Sup juga bisa menjadi menu pilihan Anda saat buka puasa.

Sayuran
Aneka sayuran daun seperti daun selada, brokoli dan ketimun bisa menjadi pilihan sehat dalam menu buka puasa dan sahur Anda. Kandungan nutrisi dan air di dalam sayuran, bisa membantu memasok kebutuhan cairan tubuh, dan mencegah Anda terkena dehidrasi.

Buah-buahan
Buah segar bisa menjadi pilihan untuk berbuka puasa atau sebagai pencuci mulut saat sahur. Pilih buah dengan kandungan air tinggi seperti melon, semangka, apel atau buah pir. Kandungan air yang mencapai hingga 90% di dalam buah, bisa membuat tubuh Anda terhidrasi dalam waktu yang cukup lama, terutama saat dalam perjalanan mudik.

Air Kelapa Muda
Menurut dr. Kartika Mayasari, air kelapa memiliki kandungan elektrolit, seperti sodium, magnesium, potasium dan kalsium, yang lebih tinggi dibandingkan air putih biasa. Kandungan potasium dalam air kelapa juga 4 kali lebih tinggi daripada 4 buah pisang, yang memang mengandung kadar potasium tinggi.

Tingginya kandungan air dan nutrisi pada air kelapa muda, membuat minuman ini cocok sebagai pencegah dehidrasi. Namun yang perlu Anda pahami, air kelapa hanya bisa digunakan untuk mengatasi dehidrasi ringan dan sedang. Sedangkan untuk dehidrasi berat, apalagi untuk dehidrasi yang diakibatkan oleh diare, Anda harus segera ditangani oleh dokter dan mendapatkan terapi cairan di rumah sakit.

Mudik untuk libur lebaran bersama keluarga memang sangat menyenangkan. Jika Anda tetap berniat untuk puasa selama perjalanan mudik, Anda perlu mempersiapkan kondisi Anda sebaik mungkin. Beberapa makanan di atas, bisa menjadi solusi untuk mencegah Anda terhindar dari kondisi dehidrasi.

Jika dehidrasi yang Anda alami hanya diakibatkan kekurangan cairan, bisa diganti dengan memberi cukup asupan cairan. Namun jika diakibatkan oleh gangguan kesehatan lainnya, seperti diare, Anda tetap perlu untuk memeriksakan diri ke dokter. (liputan6.com/Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.