oleh

4 Manfaat Konsumsi Pisang di Pagi Hari

PortalMadura.Com – Pisang merupakan salah satu buah yang kaya akan mineral atau disebut potasium yang penting untuk menjaga kadar cairan dalam tubuh dan mengatur pergerakan nutrisi. Buah yang paling banyak dikonsumsi seluruh penghuni dunia ini ternyata juga bisa membantu otot berkontraksi yang membuat jantung berdetak secara teratur dan dapat mengurangi efek natrium pada darah.

Selain itu, pisang juga dapat membantu menurunkan tekanan darah dan mengurangi gejala asma. Bahkan, masih ada banyak manfaat lain yang bisa didapatkan dari konsumsi pisang di pagi hari. Apa saja?.

Baca Juga: Jangan Dibuang, Ini 7 Manfaat Kulit Pisang bagi Kecantikan

Berikut ini empat manfaat mengonsumsi pisang sebagai pilihan sarapan, melansir dari Detik.com, Senin (14/10/2019):

Menurunkan Risiko Kanker

Mengonsumsi pisang, jeruk, dan jus jeruk dalam dua tahun pertama kehidupan dapat mengurangi risiko pengembangan leukemia anak-anak. Sebagai sumber vitamin C yang baik, pisang dapat membantu memerangi pembentukan radikal bebas yang diketahui menyebabkan kanker. Asupan serat yang tinggi dari buah-buahan dan sayuran seperti pisang dikaitkan dengan penurunan risiko kanker kolorektal.

Loading...

Kesehatan Jantung

Kandungan serat, potasium, vitamin C dan B6 dalam pisang semuanya mendukung kesehatan jantung. Peningkatan asupan kalium bersama dengan penurunan asupan natrium adalah perubahan pola makan yang paling penting yang dapat dilakukan seseorang untuk mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

Asupan kalium yang tinggi juga dikaitkan dengan penurunan risiko stroke, perlindungan terhadap hilangnya massa otot, pengawetan kepadatan mineral tulang dan pengurangan pembentukan batu ginjal.

Penurunan Risiko Diabetes

Penelitian telah menunjukkan bahwa penderita diabetes tipe 1 yang mengonsumsi diet tinggi serat memiliki kadar glukosa darah yang lebih rendah dan penderita diabetes tipe 2 mungkin telah meningkatkan kadar gula darah, lipid dan insulin. Satu pisang berukuran sedang menyediakan sekitar 3 gram serat.

Mempertahankan Memori dan Meningkatkan Mood

Pisang juga mengandung triptofan, asam amino yang menurut penelitian berperan dalam menjaga daya ingat dan meningkatkan suasana hati Anda.


Rewriter : Salimah
Sumber : detik.com

Berita PortalMadura Aplikasi Android PortalMadura
Loading...

Komentar