oleh

4 Manfaat saat Berpegangan Tangan pada Suami Istri

PortalMadura.Com – Bergandengan tangan dengan pasangan adalah salah satu cara komunikasi non verbal yang paling efektif untuk menunjukkan rasa persahabatan, sayang, cinta, peduli, rasa saling melindungi dan simpati. Melalui sebuah sentuhan, genggaman dan gandengan ada rasa kasih sayang yang disalurkan dari satu orang ke orang lain.

Berpegangan tangan tampak sebagai hal yang sederhana dan simpel. Sepintas tak ada yang istimewa dari gestur ini. Namun, ternyata ada banyak manfaat yang bisa didapat dari berpegangan tangan khususnya pada pasangan suami istri.

Komunikasi non-verbal sangatlah penting dalam memahami karakter seseorang. Salah satu cara fundamental yang dapat mempengaruhi kehidupan kita adalah dengan saling berpegangan tangan atau menggenggam tangan.

Dilansir fimela.com dikutip dari lifehack.org, saat kita berpegangan tangan, saraf-saraf di kulit kita akan berkomunikasi dengan sistem saraf utama. Memproduksi hormon-hormon yang dapat membuat kita merasa senang dan hangat.

Kajian-kajian baru pun menyebutkan adanya efek-efek psikologis yang postif dari sentuhan pada pegangan tangan. Berikut ini ada sejumlah manfaat saat berpegangan tangan pada suami istri, yuks simak dibawah ini.

Meredakan Stres
Memegang tangan pasangan bisa bantu menurunkan hormon stres yang disebut kortisol. Saat kita sedang stres, sentuhan ringan pada tangan dapat membantu meredakan ketegangan, baik secara fisik maupun mental.

Kulit kita juga lebih sensitif saat kortisol menyebar di pembuluh darah kita. Ketika sedang mengalami hari buruk atau sedih, cobalah untuk memegang tangan pasangan. Genggaman yang erat dan hangat dapat membuat tubuh lebih rileks.

Meningkatkan Rasa Cinta
Pasangan yang bahagia umumnya akan otomatis berpegangan tangan. Seringkali justru mereka melakukannya tanpa sadar sebab sudah jadi kebiasaan yang terbentuk oleh sistem saraf mereka. Berpegangan tangan memproduksi oksitosin yang dapat membuat kita merasa lebih bahagia dan dicintai. Rasa cinta bisa dijaga bahkan ditingkatkan dengan lebih sering berpegangan tangan.

Meredakan Rasa Sakit
Saat sedang menahan rasa sakit, manusia punya refleks untuk mengencangkan otot-otot tubuh mereka. Contohnya saja saat istri sedang dalam proses melahirkan. Biasanya istri perlu memegang tangan suami untuk bantu meredakan rasa sakit yang dialaminya. Berpegangan tangan dapat membantu meredakan rasa sakit yang dirasakan.

Meningkatkan Kenyamanan
Sensasi dari berpegangan tangan bisa memberikan perasaan nyaman saat dilakukan sambil mengobrol dan berjalan-jalan santai. Menciptakan momen yang hangat bersama. Meningkatkan kenyamanan satu sama lain.

Berpegangan tangan dengan pasangan bisa memberi banyak manfaat. Setelah menikah, saling menggenggam tangan dan berpegangan tangan perlu dijadikan kebiasaan untuk menjaga keharmonisan dan cinta yang ada.

Rewriter : Nurul Hijriyah
Sumber : fimela.com
Tirto.ID
Loading...

Komentar