oleh

4 Masalah yang Bikin Lampu Motor Mati Mendadak

PortalMadura.Com – Lampu depan pada sepeda motor merupakan salah satu komponen penting untuk menjaga keselamatan pengendara di malam hari sehingga perlu mendapatkan perhatian khusus. Selain dapat melanggar aturan lalu lintas, jika komponen ini mengalami kerusakan atau cahayanya kurang terang tentu bisa mengganggu penerangan saat berkendara.

Hal ini pun bisa mencelakakan diri sendiri maupun pengendara lain. Untuk itu, pengendara perlu mengetahui penyebab dan cara mengatasi lampu redup atau sering putus, melansir dari Liputan6.com, Senin (12/8/2019).

Sebenarnya, penyebab utama lampu depan redup atau rusak adalah karena gangguan pada sistem kelistrikan, sehingga beberapa komponen yang dapat memengaruhi sistem kelistrikan pada sepeda motor seperti stator comp atau spull, rectifier regulator atau kiprok, wire harness atau kabel bodi dan baterai atau accu perlu menjadi perhatian penting bagi pemilik kendaraan.

Baca Juga: Kenali Penyebab Utama Lampu Rem pada Motor Matik Terus Menyala

Nah, berikut ini empat masalah lain yang mampu memengaruhi performa lampu depan pada sepeda motor, seperti dilansir Liputan6.com yang mengutip dari Federal Oil:

Loading...

Masalah Bagian Relay

Bagian relay bisa menjadi penyebab yang pertama lampu redup pada motor. Untuk mengatasinya, langkah yang perlu dilakukan adalah melakukan pengecekan pada bagian relay atau sekring satu jalur dengan lampu motor. Biasanya, sekring atau relay sudah kotor dan karatan di bagian dalamnya sehingga memengaruhi performa lampu.

Kondisi Socket Lampu Motor

Penyebab lainnya, kondisi socket lampu motor yang sudah longgar atau copot. Perbaikan yang perlu dilakukan, yaitu melakukan pengecekan jalur kabel dan socket yang mengarah ke lampu motor. Perhatikan dengan teliti bagian socket, karena bahan dari plastik sering mengalami kelonggaran pada dudukan sehingga tidak bisa terhubung dengan sempurna pada kabel lampu.

Aki Motor Soak

Aki merupakan komponen penting pada kendaraan bermotor sebagai energi listrik yang berfungsi untuk menyalakan lampu. Karena itu, komponen ini juga tidak boleh luput dari pemeriksaan yang dilakukan.

Masalah pada Kabel Motor

Memodifikasi motor kesayangan memang menjadi hobi sebagian pemilik kendaraan. Sayangnya, salah satu hal yang sering terlupakan adalah pemasangan kabel setelah dibongkar.

Dari keteledoran tersebut, sehingga banyak kasus lampu motor redup karena pemasangan kabel yang tidak sesuai pada posisinya. Karena itu, pengecekan dengan teliti sebaiknya dilakukan apabila motor telah mengalami modifikasi khususnya pada sistem kelistrikan.


Rewriter : Salimah
Sumber : liputan6.com

Berita PortalMadura Aplikasi Android PortalMadura
Loading...

Komentar