oleh

Kenali Penyebab Utama Lampu Rem pada Motor Matik Terus Menyala

PortalMadura.Com – Pemakaian motor matik yang sudah bertahun-tahun, memang tidak akan luput dari berbagai masalah. Salah satunya adalah lampu rem yang terus menyala, kendatipun kedua tuas rem tersebut dalam posisi tidak ditekan.

“Lampu rem motor matik yang nggak bisa mati ini memang jadi masalah umum yang dialami beberapa pengguna motor matik,” kata pemilik bengkel RI Matic Shop, Ikim.

Menurut Ikim ada salah satu faktor utama mengapa lampu rem motor matik tidak mau mati kendati tuas rem sudah dilepas. “Pangkal masalah utamanya ada di bagian switch rem,” lanjut Ikim.

Baca Juga: Jangan Ngegas dan Ngerem Motor Matik Bersamaan, Ini Bahayanya

Loading...

Ikim menyebut, pada beberapa model skutik, ada yang pelat atau lempengan switch-nya terlalu longgar, sehingga pelat tidak bisa menekan switch secara sempurna.

“Kalau masalahnya seperti itu, solusinya bongkar rumah rem dan lempengan itu dibengkokkan sedikit menggunakan tang, sehingga bisa menekan switch maksimal,” saran Ikim.

Selain karena faktor tersebut, penyebab lain mengapa lampu rem motor matik terus menyala adalah karena switch rem kotor oleh debu yang menumpuk. Jika kasusnya seperti itu, maka bongkar rumah rem dan lakukan pembersihan pada switch rem menggunakan cairan penetran.

Perlu diketahui, risiko dari membiarkan lampu rem motor matik dalam keadaan terus menyala. “Lampu rem yang terus menyala bisa membuat kelistrikan lampu tersebut korslet dan membuat lampu menjadi rusak. Kalau lampunya sudah LED, tentu biaya servis atau biaya penggantiannya lebih besar karena lampu LED itu mahal,” pungkasnya.


Rewriter : Salimah
Sumber : detik.com

Komentar