oleh

4 Panduan Cuci Helm Sendiri di Rumah

PortalMadura.Com – Di musim hujan seperti sekarang ini membuat sebagian orang enggan untuk berkendara menggunakan motor. Salah satu alasannya karena bisa bikin helm rentan basah. Akibatnya, helm tersebut akan timbul lembap dan mengeluarkan bau tidak sedap.

Walaupun memang ada banyak tempat yang menyediakan layanan, tapi beberapa orang atau pemilik kendaraan enggan mengeluarkan biaya perawatan lebih. Selain karena persoalan biaya, mereka menganggap bahwa bahan yang digunakan untuk mencuci helm di tempat pencucian tidak diketahui oleh konsumen.

Jadi, sebagian pemilik kendaraan lebih memilih mencuci pelindung kepala atau helmnya ini di rumah. Nah, agar Anda lebih mudah mencuci helm di rumah, berikut ini cara melakukannya seperti dilansir Liputan6.com dari laman resmi Federal Oil:

Copot Semua Padding Helm

Langkah pertama yang perlu dilakukan yaitu dengan mencopot semua padding helm, termasuk busa bagian atas. Meski demikian, pemilik kendaraan sebaiknya melepas padding secara perlahan agar tidak rusak dan sobek.

Siapkan Air Hangat

Selanjutnya, menyiapkan air hangat secukupnya untuk merendam padding. Jangan lupa siapkan ember, sabun atau sampo serta sikat gigi halus untuk menyikat padding helm yang kotor.

Isi air hangat di ember dan campurkan sampo secukupnya, lalu aduk sampai rata. Setelah itu, masukan semua padding ke dalam ember. Tunggu 5-10 menit agar kotoran rontok dan kuman mati.

Gosok Padding Helm

Setelah Anda menunggu sampai 10 menit dan air mulai dingin, ambil kembali padding. Gosok menggunakan sikat gigi bekas. Langkah ini dilakukan untuk menghilangkan noda atau kotoran, sehingga padding kembali kinclong.

Jemur di Sinar Matahari

Setelah itu, rendam dengan air dingin menggunakan ember lain. Hal ini dilakukan untuk menghindari kotoran mengendap pada padding. Berikutnya, keluarkan padding lalu jemur di panas matahari. Sebaiknya padding basah jangan langsung diperas agar busa dalamnya tidak rusak.

Baca Juga : 5 Cara Sederhana Bersihkan Helm yang Kehujanan dan Bau Apek

Setelah kering, pasang kembali seperti di tempat semula dan berikan pewangi helm ke busa. Kini, helm Anda pun tidak akan bau apek dan siap digunakan kembali seperti semula. Semoga bermanfaat.

Rewriter : Putri Kuzaifah
Sumber : Liputan6.com
Tirto.ID
Loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

portalmadura.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE