oleh

4 Penyebab Mobil Matik Tak Mau Jalan

PortalMadura.Com – Mengendarai mobil matik memang lebih mudah dan nyaman dibandingkan mobil transmisi manual, terutama ketika dihadapkan dengan kemacetan. Tidak heran, jika masyarakat di daerah perkotaan lebih meminati transmisi jenis ini.

Kendati demikian, mobil matik juga memiliki beberapa masalah yang sering dihadapi, salah satunya tidak mau berjalan meski pedal gas telah diinjak. Mengapa hal itu bisa terjadi?.

Nah, berikut ini empat hal yang menjadi penyebab mobil matik tidak mau berjalan, seperti dikutip liputan6.com dari Garda Oto:

Mesin Mengalami Slip

Penyebab umum mobil matik tidak mau jalan, yaitu mesin mobil mengalami slip. Hal ini terjadi saat mobil yang telah berpindah gigi, justru hilang tenaga dan mesin malah meraung.

Untuk mengatasi hal tersebut, pemilik dapat mengecek dengan menjalankan mobil dari transmisi D. Tambah akselerasi mobil tanpa memindah tuas transmisi. Apabila terdengar suara mesin meraung, dapat dipastikan mesin mobil mengalami slip.

Baca Juga: Perhatikan 6 Hal Ini Agar Mobil Matik Hemat Bahan Bakar

Tersendat

Mobil matik yang tersendat membuat kendaraan tidak dapat berjalan. Tanda masalah ini adalah hentakan yang terjadi saat melakukan pemindahan gigi. Setelah hentakan, mobil akhirnya tidak bisa berjalan. Bila mengalami sendatan, segera cek kondisi mesin mobil atau membawa ke bengkel terdekat.

Gigi tidak Dapat Berpindah Secara Otomatis

Ketika tuas transmisi berada di posisi D, perpindahan gigi akan dilakukan secara otomatis. Namun jika mobil tidak bisa berjalan, masalah terdapat pada perpindahan gigi.

Masalah ini dapat diketahui ketika pengemudi menginjak gas namun suara mesin sama seolah gigi tidak berpindah. Hal ini dapat menyebabkan gas tidak menyala dan mobil tidak bisa berjalan.

Tuas Transmisi Tidak Bisa Digeser

Pada mobil matik, tuas transmisi mempunyai peranan yang penting. Masalah pada tuas transmisi dapat menyebabkan mobil tidak mau berjalan, seperti tuas transmisi sulit digeser. Kendatipun knob pembuka kunci sudah dibuka, tuas pindah gigi tidak dapat digerakkan, sehingga mobil tetap tidak dapat berjalan.

Rewriter : Salimah
Sumber : liputan6.com
Tirto.ID
Loading...

Komentar