oleh

4 Rahasia Kulit Cerah Wanita Jepang yang Bisa Ditiru, Tak Gunakan Kosmetik

PortalMadura.Com – Wanita Jepang memiliki budaya kecantikan yang sudah ada sejak berabad-abad lalu. Uniknya, tidak semua hal berkaitan langsung dengan perawatan kulit. Bahkan, rahasia kuno itu pun sudah mulai menyebar luas di luar Jepang, termasuk Indonesia.

Wanita di sana tidak bergantung pada produk untuk merawat kecantikan. Ada beberapa metode yang dilakukan wanita Jepang dalam merawat kulitnya. Anda penasaran?.

Berikut ini empat metode ala Jepang yang bisa memberi manfaat luar biasa untuk kulit:

Onsen
Bagian yang tidak terpisahkan dari budaya Jepang adalah mandi. Bukan sembarang mandi, warga Jepang gemar berendam dalam onsen atau pemandian air panas. Selain efek relaksasi, ternyata onsen juga bermanfaat untuk kesehatan kulit.

Di onsen, air harus mencapai suhu tertentu. Air di sana secara alami mengandung 19 mineral yang memiliki khasiat penyembuhan. Beberapa onsen yang kaya mineral khusus sangat bermanfaat untuk kulit. Beberapa penelitian telah membuktikan, kandungan mineral bisa mengurangi iritasi kulit, serta merawat kondisi kulit eksim dan psoriasis.

Selain itu, onsen yang mengandung garam, khususnya garam dengan sodium bikarbonat, diketahui dapat membuat kulit lembut.

Rumput Laut
Pola makan tradisional Jepang didominasi oleh ikan dan sayuran dan biasanya tidak meliputi produk olahan susu dan daging. Salah satu bahan makanan paling penting adalah wakame, sejenis rumput laut. Wakame tinggi antioksidan, protein, kalsium, zat besi, kalium, folat, vitamin A, vitamin C, vitamin D, vitamin E, vitamin K, dan vitamin B2.

Loading...

Selain memberi asupan vitamin, wakame juga mengandung antiaging yang menjaga kulit tetap terlihat muda. Wakame menghalangi enzim Hyaluronidase untuk menyerang suplai hyaluronic acid dalam tubuh. Hyaluronic acid adalah kandungan yang menjaga elastisitas dan kelembutan kulit. Dengan begitu, rumput laut dapat membantu mempertahankan kelembutan dan membuat kulit tetap kencang.

Teh Hijau
Meski sudah menjadi tren kecantikan yang populer di negara Barat, sesungguhnya Jepang yang pertama kali mengonsumsi teh hijau sebagai cara untuk membantu mengatasi masalah kulit selama berabad-abad. Selain sebagai minuman tinggi antioksidan yang sangat bermanfaat untuk kesehatan, banyak produk perawatan kulit Jepang yang menjadikan teh hijau sebagai bahan baku.

Studi telah menemukan, bahwa penambahan teh hijau ke dalam produk perawatan kulit dapat menurunkan risiko kanker kulit dan menangkal kerusakan kulit. Riset juga menemukan bahwa teh hijau yang dioleskan di kulit bisa menjadi obat jerawat.

Krim dan Pelindung Matahari
Sejak zaman kuno, kecantikan yang ideal meliputi kulit yang pucat, artinya wanita Jepang harus menghindari paparan sinar matahari. Oleh sebab itu, pemutih kulit masih menjadi tren kecantikan di beberapa wilayah Jepang. Hal ini menjadi kontroversi, sebab beberapa produk dapat mengandung bahan berbahaya.

Pilihan lain yang lebih aman serta dianjurkan adalah dengan menggunakan sunscreen, topi atau payung. Cara tersebut bisa membantu kulit untuk mempertahankan elastisitas serta mengurangi risiko kanker kulit. (viva.co.id/Salimah)



whatsapp share top ten article
Loading...
Loading...

Komentar