oleh

4 Sikap Orang Tua yang Bisa Sebabkan Si Kecil Minder

PortalMadura.Com – Lingkungan keluarga merupakan salah satu media yang bisa membentuk kepribadian seorang anak, terutama orang tua. Apalagi, setiap anak memiliki karakter yang berbeda-beda. Beberapa anak tumbuh dan berkembang dengan sangat baik. Mereka memiliki rasa percaya diri, semangat dan kebahagiaan melimpah.

Akan tetapi, tidak sedikit pula ada anak yang justru merasa kurang percaya diri atau minder, mudah takut, mudah khawatir dan sejenisnya. Sehingga si kecil merasa terisolasi dari lingkungan sepermainannya. Ketika anak mengalami hal ini, tentu perlu peran orang tua dalam mengatasinya.

Dilansir fimela.com yang mengutip dari laman parents.com, para ahli menemukan jika orang tua berperan besar terhadap perkembangan mental anak. Sikap orang tua juga berperan penting dalam membentuk rasa percaya diri anak atau sebaliknya yakni rasa minder.

Baca Juga: 6 Dampak Negatif Suka Banding-bandingkan Anak

Berikut empat sikap orang tua yang bisa menyebabkan anak tumbuh dan berkembang menjadi pribadi mudah minder:

Orang Tua Keras Kepala

Anak yang merasa minder di hadapan orang lain bisa disebabkan karena orang tuanya memiliki sifat keras kepala. Misalnya, saat si kecil mendengar tentang sikap keras kepala dan egois orang tua dari orang lain yang membicarakan orang tua di belakangnya, rasa minder anak bisa semakin besar.

Loading...

Bertengkar di Depan Anak

Bertengkar dengan pasangan di hadapan anak juga bisa meningkatkan risiko anak minder. Orang tua yang berdebat dan bertengkar tentu akan membuat si kecil merasa sedih. Hal ini juga membuat anak merasa takut dan merindukan keluarga lain, seperti merindukan keluarga temannya yang orang tuanya sabar, penuh kasih sayang dan tidak pernah ada masalah di dalamnya.

Memarahi Anak di Hadapan Orang Lain

Memarahi anak di hadapan orang lain juga akan membuat anak merasa minder. Dimarahi di depan orang lain terlebih orang banyak akan membuat anak merasa harga dirinya turun. Hal ini juga akan membuat anak merasa dendam ke orang tuanya.

Bahkan tidak hanya minder, memarahi anak di hadapan orang lain juga memungkinkan membuat anak bertambah bandel dan menyebalkan.

Menertawakan Anak

Orang tua yang menertawakan si kecil saat terjatuh atau melakukan kesalahan, juga akan membuat harga diri anak turun. Bahkan, hal ini akan membuat anak merasa trauma hingga merasa ketakutan atau minder. Menertawakan anak hanya akan menurunkan rasa percaya diri anak.

Selain sikap di atas, sikap lain orang tua yang bikin anak minder adalah orang tua suka mengolok-olok anak, orang tua ingin menang sendiri di depan orang lain, orang tua membantah nenek atau kakeknya, orang tua tidak bisa mengontrol emosi dan masih banyak sikap buruk lainnya yang harus orang tua jauhi.

Untuk itu, usahakan untuk mengasuh dan merawat anak dengan penuh kesabaran. Kendati demikian, ketika si kecil melakukan kesalahan orang tua juga harus tegas dan menasihatinya. Selain itu, selalu dukung anak apapun prestasinya.


Rewriter : Salimah
Sumber : fimela.com

Komentar