oleh

4 Tips Meyimpan Tempe agar Tidak Cepat Busuk

PortalMadura.Com – Tempe adalah makanan khas Indonesia yang rasanya enak dan harganya pun bersahabat. Meskipun harga tempe di Indonesia tergolong murah, di luar negeri harga tempe bisa mencapai ratusan ribu rupiah untuk satu lonjornya.

Tempe merupakan makanan murah meriah tinggi gizi yang bukan hanya mudah didapat dan diolah, tapi juga bisa diolah menjadi berbagai pilihan menu makanan. Sebagai salah satu sumber makanan tinggi protein, sayangnya tempe menjadi salah satu makanan yang tidak tahan lama disimpan.

Tempe umumnya harus cepat diolah, jika dibiarkan terlalu lama akan cepat basi dan rasanya sudah berubah. Meski memang tetap bisa dimakan dan diolah menjadi menu makanan lain, namun jika tujuannya adalah ingin menikmati tempe dengan rasa yang segar, tentu tak ingin tempe cepat busuk. Ada beberapa tips yang bisa dilakukan jika tak ingin tempe cepat busuk

Pilih Tempe yang Baik
Pilih tempe yang diselimuti serabut putih, jangan pilih tempe yang serabut putihnya sudah berubah warna. Tempe yang masih segar biasanya memiliki serabut yang bersih dan tanda sudah matang dan segar.

Beli Tempe Mentah
Jika ingin disimpan dalam waktu agak lama, beli saja tempe yang masih mentah. Tempe mentah biasanya masih dalam bentuk biji-biji kedelai yang terpisah dan masih terlihat belum menggumpal. Umumnya dijual dalam bungkus plastik atau daun pisang. Letakkan mendatar dan tempe akan terbentuk sendiri.

Bumbui
Jika ingin menggoreng tempe untuk nanti sore sedangkan tempe hanya dijual pagi hari, cara mempertahankan kesegarannya adalah cukup dengan membumbui tempe. Haluskan bawang putih dan garam secukupnya kemudian larutkan dengan sedikit air. Bawang putih dan garam adalah bahan pengawet alami. Setelah dibumbui, tata rapi di dalam wadah tertutup.

Letakkan di Dalam Kulkas
Cara paling mudah mempertahankan kesegaran tempe adalah menyimpannya di dalam kulkas. Tak perlu dipotong-potong, biarkan saja seperti apa adanya. Cukup bungkus dengan daun pisang atau kertas untuk menjaga kelembapan permukaan tempe dan agar rasanya tak berubah selama disimpan di dalam kulkas.

Meski begitu, jangan disimpan terlalu lama, paling lama dua hari saja. Nah, itu dia sekian cara menyimpan tempe agar tetap segar dan tak mudah busuk.

Rewriter : Nurul Hijriyah
Sumber: fimela.com

Komentar