4 Trik Cerdas Seimbangkan Tugas Sekolah dengan Kegiatan Ekstrakurikuler

Avatar of PortalMadura.com
4 Trik Cerdas Seimbangkan Tugas Sekolah dengan Kegiatan Ekstrakurikuler
ilustrasi

PortalMadura.Com – Sebagian siswa tentu pernah merasakan kewalahan saat dihadapi dengan yang menumpuk, namun mereka harus mengikuti berbagai . Hal seperti ini wajar terjadi, karena kegiatan ekstrakurikuler memang cukup menyita waktu setelah sekolah.

Akan tetapi, bagaimana jika ingin kegiatan ekstrakurikuler dan tugas bisa berjalan beriringan tanpa perlu mengorbankan nilai di sekolah?. Anda tidak perlu khawatir, sebab ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk menyeimbangkan tugas dan kegiatan ekstrakurikuler.

Berikut ini empat triknya:

Buatlah Perencanaan
Cara ini bisa Anda mulai dengan menulis jadwal kegiatan ekstrakuriluer dan deadline PR Anda. Hal ini dibuat agar Anda bisa ingat dan prioritaskan mana hal yang bisa Anda lakukan terlebih dahulu. Selama Anda membuat perencanaan ini, pastikan Anda menulisnya dengan jelas dan rinci, seperti gambaran tugas hingga kegiatan rapat yang harus Anda ikuti.

Lupakan PR Anda Sejenak
Terdengar tidak masuk akal memang, tapi cara ini cukup ampuh untuk membuat Anda fokus mengerjakan tugas-tugas sekolah Anda.

Menurut sebuah studi, kegiatan aerobik bisa meningkatkan kemampuan kognitif Anda. Hal ini berarti, kegiatan ekstrakurikuler yang Anda ikuti bisa membuat Anda semakin produktif untuk mengerjakan tugas-tugas sekolah Anda.

Lebih lanjut, penelitian yang dipublikasikan di dalam jurnal ilmiah itu juga menyebut, kalau mengambil jeda selama belajar bisa membuat Anda fokus pada tugas lain.

Tidur yang Cukup
Kegiatan ekstrakurikuler memang akan membuang tenaga Anda lebih banyak. Tapi Anda harus ingat, sesibuk apa pun, Anda harus memiliki jadwal tidur yang baik.

Menurut seorang Direktur dari Sleep to Live Institute, Dr. Robert Oexman, waktu yang ideal untuk tidur bagi remaja adalah 9 hingga 10 jam. Lebih lanjut, dia juga menyebut kalau Anda tidur tepat waktu setelah belajar, Anda akan cenderung mengingat materi yang baru saja Anda pelajari.

Jika Anda harus memilih antara bangun tidur lebih awal atau begadang untuk menyelesaikan pekerjaan rumah, Dr. Oexman merekomendasikan pilihan yang terakhir. “Menjaga waktu untuk tetap terbangun secara konstan bisa membantu siklus sirkadian kita,” katanya.

Konsumsi Makanan Bergizi
Sibuknya aktivitas tentu akan membuat Anda merasa cepat lapar dan tidak bertenaga. Untuk menyeimbangkan itu, Anda harus memakan asupan-asupan yang bergizi. Anda juga harus menghindari makan-makanan yang mengandung banyak gula, dan sebaiknya alihkan makanan itu dengan makanan yang mengandung lemak sehat yang terbuat dari minyak kelapa, kacang-kacangan, dan biji-bijian. (kumparan.com/Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.