oleh

4 Trik Khusus Menggoreng Ayam agar Tidak Keras Lho!

PortalMadura.Com – Siapa sih yang tidak suka ayam goreng? Apalagi ayam goreng yang renyah di luar dan empuk di dalam. Meski mengolah ayam goreng terlihat simple, tapi membuat ayam goreng yang sempurna memang membutuhkan tips khusus.

Umumnya ayam yang digoreng hingga kecoklatan justru dagingnya menjadi alot. Sementara, jika digoreng keemasan memang lembut di bagian dalamnya, namun kurang renyah pada bagian luarnya. Selain itu, jika sudah dingin bagian luar juga tidak renyah lagi. Menggoreng ayam agar tidak keras memang butuh beberapa trik khusus.

Sebenarnya tidak terlalu sulit. Tapi kadang kita sering melewatkan hal-hal yang tampak sepele tapi sebenarnya sangat penting untuk menghasilkan ayam goreng yang enak dan empuk. Nah, berikut ini ada empat tips penting yang bisa diikut agar daging ayam tidak keras saat digoreng.

Tusuk Daging Ayam dengan Garpu atau Tusuk Gigi
Daging ayam yang sudah dibersihkan dan dibumbui bisa ditusuk-tusuk dengan garpu atau tusuk gigi di beberapa bagiannya. Cara ini bisa membuat serat-serat daging bisa lebih lunak. Sehingga saat digoreng, bumbu bisa lebih meresap dan daging tidak terlalu alot. Khususnya untuk daging ayam bagian dada yang banyak seratnya bisa ditusuk dulu beberapa bagiannya agar empuk.

Gunakan Banyak Minyak yang Masih Baru
Sangat disarankan menggunakan banyak minyak untuk menggoreng ayam. Ayam perlu dalam kondisi terendam sempurna agar matangnya merata. Minyak goreng yang dipakai juga sebaiknya yang masih baru, agar bisa menghasilkan rasa yang lebih gurih dan renyah.

Pakai Api Kecil
Jika api kompor yang digunakan terlalu besar, ayam yang digoreng bisa terasa alot. Coba gunakan api kecil agar proses memasak bisa lebih merata. Bagian dalam dan luar daging ayam pun bisa matang lebih baik dengan api kecil ini. Atau panaskan dulu minyak goreng dengan api kecil sampai minyak benar-benar panas, lalu masukkan daging ayam kemudian besarkan api sedikit.

Gunakan Margarin
Untuk porsi daging ayam yang kecil (misal untuk olahan daging ayam sekali gigit dengan potongan kecil), kita bisa menggorengnya dengan margarin. Aroma daging ayam bisa lebih harum dan rasanya pun lebih gurih.

Empat tips di atas adalah tips dasar untuk membuat ayam goreng yang empuk dan tidak alot. Semoga bisa bermanfaat, ya.


Rewriter : Nurul Hijriyah
Sumber: fimela.com

Komentar