4 Trik Mudah Relaksasi Setelah Olahraga

Avatar of PortalMadura.Com
4 Trik Mudah Relaksasi Setelah Olahraga
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Pada umumnya, setelah reaksi yang ditimbulkan tubuh adalah selain berkeringat juga jantung berdetak lebih kencang. Sebab, ketika melakukan aktivitas fisik seperti olahraga tubuh membutuhkan energi dan gerakan sehingga otot dan sendi akan bekerja keras.

Saat itu, otot membutuhkan darah dan oksigen ekstra sehingga jantung dan paru-paru juga akan ikut bekerja lebih intens dari biasanya. Begitu juga dengan kerja otak, ginjal, kulit, dan sistem pencernaan.

Karena itu, tak salah bila Anda ingin memanjakan tubuh setelah lakukan semua aktivitas. Caranya dengan membuat tubuh dan pikiran menjadi lebih rileks. Berikut tips tubuh yang sehat setelah olahraga.

Berendam Air Hangat
Nyeri otot dan pegal-pegal menjadi efek samping langganan setelah olahraga. Apalagi bila Anda tidak melakukan aktivitas fisik ini secara rutin. Ini normal terjadi karena otot mendapatkan banyak tekanan pada aktivitas tersebut. Untuk meredakan kondisi dengan memperbaiki dan memulihkan otot kembali, Anda bisa berendam dengan air hangat.

Panas dari air dapat meresap pada kulit, jaringan dan otot sehingga cocok untuk relaksasi tubuh. Berendamlah selama kurang lebih 20 menit. Namun, jangan mandi terlalu lama, sebab bisa membuat kulit kering. Pastikan juga untuk perbanyak minum air putih sebelumnya.

Menggosok Tubuh dengan Scrub
Olahraga bisa membuat tubuh berkeringat sehingga kotoran lebih mudah menempel. So, tidak ada salahnya sebelum Anda berendam untuk berinisiatif membersihkan tubuh dengan scrub. Selain menghilangkan kotoran dan keringat, menggosok dengan scrub dapat mengangkat sel-sel kulit mati.

Gosoklah secara perlahan, mulai dari kaki, perut, lengan, ketiak, hingga belakang leher dan punggung. Dengan begitu, tidak hanya tubuh saja yang kembali bugar, kulit juga menjadi lebih segar.

Foot Spa
Lari, lompat, jalan kaki, dan olahraga lainnya yang membebani kaki bisa bikin pegal dan juga lecet. Untuk membantu melemaskan otot kaki dan membantu mempercepat luka mengering, Anda bisa melakukan foot spa. Caranya mudah, siapkan air hangat, ember atau wadah air, dan juga garam epsom.

Perlu Anda ketahui, garam yang Anda gunakan bukan garam biasan lho, tetapi garam epsom. Garam ini mengandung campuran elektrolit yang baik untuk jantung, otot, dan saraf. Salah satunya adalah magnesium yang bisa meringankan peradangan dan memulihkan rasa sakit pada otot.

Gunakan Foot Cream
Setelah melakukan foot spa, tindakan selanjutnya adalah mengoleskan foot cream pada kaki. Hal ini perlu dilakukan, sebab olahraga dapat memberikan tekanan lebih pada kaki, terutama bila Anda melakukan jalan santai sambil bertelanjang kaki.

Krim khusus kaki ini dapat membantu mencegah kapalan, melembapkan kulit kaki, dan mencegah kulit kaki retak-retak. Anda bisa oleskan krim kaki dan pijat secara perlahan untuk menghilangkan rasa pegal sekaligus.

Menikmati Susu atau Es Krim Susu
Selain minuman isotonik, susu atau es krim susu juga bisa dijadikan pilihan minuman yang nikmat dan menyenangkan setelah olahraga. Apalagi dengan tambahan buah, rasanya akan lebih nikmat bukan?

Susu atau es krim susu mengandung banyak protein dan sedikit karbohidrat yang bisa mengembalikan sel-sel otot yang rusak juga menyediakan energi. Dengan begitu, hal tersebut dapat mengembalikan kebugaran tubuh, mengembalikan cairan tubuh yang hilang, dan mencegah dari rasa lemas.

Itulah tips mudah yang Anda coba dirumah untuk memanjakan tubuh setelah lakukan olahraga.Semoga bermanfaat. (kompas.com/Nanik)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.