5 Alat Sederhana yang Bikin Maling Susah Curi Sepeda Motor

Avatar of PortalMadura.com
5 Alat Sederhana yang Bikin Maling Susah Curi Sepeda Motor
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Saat ini sepeda motor masih menjadi berharga yang sering menjadi incaran maling atau pencuri. Sehingga para pemilik motor perlu berhati-hati ketika memarkirkan tunggangan kesayangannya. Karena maling motor mempunyai bermacam cara untuk mendapatkan motor yang diingainkan.

Namun sebagai pemilik motor, Anda perlu mengantisipasi pencurian motor dengan menggunakan beberapa alat sederhana yang bisa Anda dapatkan dengan mudah. Alat ini bisa mempersulit ketika maling akan mencuri motor Anda. Lantas alat sederhana apa yang dimaksud?

Berikut ulasannya:

Baut
Kecil-kecil cabe rawit. Kira-kira, itu pepatah yang tepat untuk menggambarkan alat yang satu ini, yakni baut. Yap, alat sederhana yang bisa Anda dapatkan hanya dengan harga sekitar Rp 3.000 ini rupanya bisa jadi alat yang cukup ampuh untuk menghambat kerja maling motor.

Cara pengaplikasiannya juga terbilang mudah. Yang perlu Anda lakukan hanyalah memasangkan baut pada lubang piringan rem cakram motor Anda. Selain letaknya yang cukup tersembunyi, umumnya para kawanan maling motor tidak membawa kunci pas, melainkan hanya kunci T untuk membobol rumah kunci saja.

Nah, jika mereka berhasil membobol rumah kunci dan mesin motor sudah dalam keadaan menyala, baut yang Anda pasang akan menghentikan laju sepeda motor Anda seketika.

Kunci Motor Variasi
Motor-motor keluaran terbaru memang sudah dilengkapi dengan key shutter yang diharapkan mampu mempersulit kerja maling motor yang berkeliaran di jalan. Meski begitu, hal tersebut tidak membuat tunggangan kesayangan Anda aman dari maling. Sebab, maling selalu memiliki beragam cara untuk mengambil motor incarannya. Salah satu caranya yaitu dengan menggunakan kunci T dan kunci-kunci sejenisnya.

Untuk sedikit mempersulit kerjanya, Anda bisa mengganti kunci motor bawaan dengan menggunakan kunci motor variasi yang banyak dijual di toko-toko variasi atau modifikasi. Anda bisa mendapatkan kunci motor variasi dengan harga sekitar Rp 50 ribu saja.

Gembok Motor
Seperti yang sudah dijelaskan, maling selalu memiliki beragam cara untuk mendapatkan motor incarannya. Nah, jika kunci motor variasi dirasa kurang, Anda bisa menggunakan gembok motor tipe hardened dan bisa memasangnya pada rantai atau cakram motor.

Sebenarnya, cara ini merupakan cara yang cukup sering digunakan dan banyak orang sudah mengetahui hal ini. Namun setidaknya, dengan menggunakan gembok pada rantai atau cakram motor, hal tersebut bisa memperlambat kerja maling. Sebab, untuk membobol gembok motor, biasanya dibutuhkan waktu sekitar 3 hingga 5 menit. Bikin motor Anda lebih aman, gembok motor bisa didapatkan dengan harga sekitar Rp 50-100 ribu.

Gunakan Alarm
Secara garis besar, penggunaan alarm pada motor memiliki fungsi yang sama seperti alarm mobil. Saat motor Anda mengalami suatu tekanan atau bahkan dicuri, nantinya alarm ini akan menyala dengan sendirinya dan akan mengeluarkan bunyi yang cukup keras untuk memberitahukan pada orang-orang di sekitar.

Nah, beberapa pabrikan motor di Indonesia sudah menyertakan penggunaan alarm untuk motor-motor keluaran terbarunya. Namun, buat Anda yang menggunakan motor produksi tahun lama, Anda juga bisa kok menggunakan alarm motor.

Anda hanya perlu mendatangi toko-toko variasi atau modifikasi sepeda motor. Biasanya, harga jualnya berada pada kisaran Rp150 ribu.

Nantinya, alarm motor ini akan dihubungkan dengan kelistrikan motor Anda. Nah, buat yang tertarik ingin memasang alarm motor, usahakan taruh alarm ini di tempat-tempat yang sulit dijangkau, salah satunya yaitu bagasi motor.

Kunci Rahasia
Jika Anda masih belum yakin dengan beberapa alat pengaman tadi, Anda bisa menggunakan kunci rahasia yang banyak dijual di toko-toko variasi sepeda motor. Seperti namanya, tidak ada orang yang tahu di mana letak alat ini selain Anda si empunya motor. Otomatis, tidak ada orang lain yang bisa menyalakannya kecuali dia sudah mengetahui di mana letak kunci rahasia ini ditaruh.

Menariknya, meski maling sudah berhasil membobol rumah kunci dan posisi kunci sudah ada dalam kondisi ON, maling tetap tidak akan bisa menyalakan motor Anda kecuali ia bisa mengaktifkan kunci rahasia ini. Tempatnya bermacam-macam, mulai dari lampu sein atau bahkan tempat tersembunyi lainnya. Soal harga, alat ini bisa didapatkan dengan harga sekitar Rp 180 ribu.

Itu dia lima alat sederhana yang bisa Anda gunakan untuk membuat motor Anda aman saat sedang diparkir. Anda masih was-was saat harus meninggalkan motor kesayangan? Anda bisa menggunakan lima alat tersebut sekaligus. (liputan6.com/Desy)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.