oleh

5 Bahan Makanan di Dapur yang Ampuh Sebagai Pembersih Alat Rumah Tangga

PortalMadura.Com – Sebagian orang terkadang merasa kebingungan saat harus membersihkan noda peralatan rumah tangga yang membandel atau susah dihilangkan. Bahkan, mereka rela mengeluarkan banyak biaya untuk bisa menghilangkan noda tersebut. Padahal, ternyata ada beberapa bahan makanan di dapur yang bisa dimanfaatkan untuk membersihkan peralatan rumah tangga.

Selain berfungsi sebagai bahan makanan untuk dikonsumsi, bahan-bahan tersebut juga ampuh sebagai pembersih peralatan rumah tangga. Jadi, Anda bisa lebih menghemat biaya. Apa saja?.

Berikut lima bahan makanan atau minuman di dapur yang ternyata bisa dijadikan pembersih alat rumah tangga, seperti dikutip dari Liputan6.com, Jumat (4/10/2019):

Saus Tomat

Selain untuk dikonsumsi, saus tomat juga bisa digunakan untuk menghilangkan noda pada peralatan tembaga. Namun, Anda jangan lupa untuk membilasnya dengan air hangat setelah menggosok lapisan tembaga tersebut dengan saus tomat agar bisa bersih maksimal.

Baca Juga: Ini 6 Khasiat Saus Tomat Sachet Bagi Perabotan Rumah Anda

Loading...

Baking Soda

Anda juga bisa menggunakan baking soda untuk membersihkan wastafel di rumah. Caranya, gosok wastafel dengan baking soda sampai bersih. Setelah itu, bilas menggunakan air bersih.

Rendaman Air Beras

Untuk membersihkan botol kaca, Anda bisa menggunakan bahan makanan berupa rendaman beberapa butir beras. Tapi tidak perlu banyak-banyak, cukup dengan setengah botol kecil air hangat. Setelah itu, tutuplah botol dengan penutupnya, lalu kocok dengan keras. Kemudian, bersihkan dengan air seperti biasa.

Oatmeal atau Bubur Gandum

Oatmeal atau bubur gandum bisa dipakai untuk membersihkan tangan. Caranya, campur oatmeal dengan air, lalu gosok tangan Anda untuk menghapus semua kotoran dan kuman.

Teh Hitam

Minuman yang satu ini tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan tubuh saja, namun juga bisa mengatasi benda-benda yang berkarat. Caranya, seduh teh hitam lalu biarkan sampai dingin. Setelah itu, rendamlah alat-alat itu pada air teh tadi, kemudian lap dengan kain.

Namun, jika Anda menganggap boros bila menggunakan bahan-bahan makanan di atas, tidak ada salahnya sesekali untuk mencoba. Setidaknya Anda tahu kalau ada barang-barang di sekitar Anda yang sebenarnya memiliki manfaat tersembunyi. Selamat mencoba!


Rewriter : Salimah
Sumber : liputan6.com


Berita PortalMadura
Loading...
Tirto.ID
Loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

portalmadura.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE