oleh

Ini 6 Khasiat Saus Tomat Sachet Bagi Perabotan Rumah Anda

PortalMadura.Com – Saos tomat ternyata memiliki banyak kegunaan dan manfaat. Selain melezatkan makanan, saus tomat juga efektif untuk membersihkan bermacam-macam benda dan harganya pun relatif murah.

Barang-barang yang bisa dibersihkan menggunakan saus tomat yaitu perabot logam, alat-alat masak hingga rambut yang diwarnai. Karena sifat asam dari tomat dan tambahan cuka dalam saus kemasan ini bisa menghilangkan kerak yang menempel pada barang-barang itu.

Nah, berikut ini cara untuk memanfaatkan saus tomat sebagai pembersih alat-alat rumah tangga:

Mengembalikan Kilau Perabot Kuningan
Peralatan masak, pegangan pintu, atau mangkuk hias dari kuningan yang sudah kusam bisa jadi seperti baru dengan polesan saus tomat.

Cukup oleskan saus tomat pada perabotan yang hendak dibersihkan, kemudian diamkan selama 30 menit. Untuk benda-benda yang berukuran kecil, gosok menggunakan sikat yang sudah dilumuri saus tomat. Setelah itu biarkan selama 30 menit dan bilas dengan air.

Membersihkan Perabot Tembaga
Oleskan saus tomat pada perabot dari tembaga yang sudah lama tidak dibersihkan. Untuk noda membandel, tambahkan sedikit garam ke saus tomat.

Diamkan selama 15 sampai 20 menit, kemudian poles dengan kain katun lembut. Setelah itu cuci dengan air hangat untuk membersihkan residu saus.

Menjadikan Perabot Perak Kembali Berkilau
Kilauan perabot dan perhiasan perak yang ada di rumah juga bisa dikembalikan dengan saus tomat. Cukup rendam dalam saus tomat selama 5 sampai 10 menit. Jangan terlalu lama, karena sifat asam saus tomat juga bisa mengikis lapisan perak. Setelah itu cuci dengan air biasa hingga bersih.

Loading...

Membersihkan Wajan dari Kerak Hangus
Kerak masakan yang hangus bisa merusak peralatan memasak. Tetapi tidak perlu digosok dengan serabut kawat. Salah-salah lapisan anti lengketnya ikut terkikis. Tuangkan saus tomat dan sedikit air ke atasnya, kemudian panaskan di atas kompor hingga mendidih.

Tunggu sampai kerak terlepas, tetapi jangan sampai saus ikut menguap. Jika sudah mulai menguap, tambahkan air sedikit lagi. Setelah kerak terlepas, cuci alat masak seperti biasa.

Menjadikan Body Mobil Lebih Berkilau
Membersihkan mobil dengan saus tomat memang kurang praktis. Tetapi dengan menggosok lap yang sudah dituangi saus tomat, Anda bisa menjadikan mobil lebih berkilau.

Cuci mobil dengan sabun atau sampo mobil seperti biasa. Kemudian usapkan lap dengan saus tomat. Selanjutnya bilas kembali dengan air bersih dan keringkan dengan lap bersih.

Merawat Rambut yang Rusak Karena Klorin dan Kaporit
Mereka yang hobi berenang biasanya mengalami kerusakan rambut karena kandungan klorin dan kaporit di dalam air kolam. Rambut yang diwarnai biasanya jadi ternoda warna kehijauan karenanya.

Untuk mengatasi masalah ini cobalah perawatan instan dengan saus tomat. Cuci rambut dengan sampo, setelah itu usapkan saus tomat pada rambut dan diamkan selama 5 sampai 10 menit. Sesudahnya cuci kembali rambut dengan sampo sampai benar-benar bersih.

Itulah sederet kegunaan membersihkan saus tomat dalam kemasan yang bisa Anda manfaatkan. Mulai sekarang jangan membuang saus tomat sachet, ya. (merdeka.com/Desy )




Berita PortalMadura Aplikasi Android PortalMadura
Loading...
Tirto.ID
Loading...

Komentar