5 Camilan Sehat yang Bikin Berat Badan Tetap Ideal

Avatar of PortalMadura.com
5 Camilan Sehat yang Bikin Berat Badan Tetap Ideal
ilustrasi

PortalMadura.Com – Kebanyakan orang tentu menyukai camilan. Sebab, selain rasanya yang enak dan lezat, makan makanan ringan menjadi salah satu cara mengusir stres saat tugas atau pekerjaan menumpuk.

Hanya saja, tanpa disadari camilan kerap menjadi penyebab kegemukan. Namun tunggu dulu, ternyata ada beberapa camilan yang tidak akan mengganggu mereka yang tengah diet menurunkan berat badan atau mempertahankan berat badan idealnya. Lantas, camilan apa sajakah itu?.

Berikut ini lima daftar makanan ringan yang sehat dan juga memuaskan perut:

Buah Berry
Aneka buah berry, seperti stroberi, blueberi, dan raspberi, merupakan yang paling bergizi dan kaya antioksidan. Buah-buahan kecil ini cukup pas dijadikan camilan saat Anda sibuk mengerjakan tugas-tugas pekerjaan penting. Karena mengerjakan tugas-tugas tersebut biasanya bikin stres.

Nah, buah-buahan ini memiliki ragam sifat anti penuaan yang manjur. Semua buah beri juga mengandung serat yang tinggi sehingga cukup untuk memuaskan rasa lapar Anda.

Kacang-kacangan
Kacang bisa dijadikan camilan sehat karena mengandung protein yang bisa meningkatkan metabolisme Anda dan membakar lebih banyak kalori. Tapi, meskipun kacang-kacangan ini dikemas dengan protein, serat, dan lemak sehat, ada baiknya batasi ukuran porsinya, agar jumlah kalori yang masuk dalam tubuh pun tidak berlebihan.

Dianjurkan untuk membeli kacang yang masih dalam cangkangnya sehingga Anda tidak akan tergoda untuk menghabiskan seluruh kacang tersebut setiap kali Anda duduk atau sedang santai-santai.

Buah-buahan Kering
Sebelum menjadikannya sebagai camilan sehat, pastikan dulu untuk memeriksa daftar bahan sebelum mengonsumsinya. Pastikan tidak ada gula atau sirup yang ditambahkan. Karena buah-buahan kering pada dasarnya hanya buah-buahan segar dehidrasi.

Sebuah studi oleh Journal of American College Of Nutrition mengungkapkan, bahwa buah-buahan kering mengandung antioksidan dua kali lebih banyak daripada buah-buahan segar. Namun, bukan berarti Anda dapat memakannya dalam jumlah besar, tetap Anda harus menjaga ukuran porsinya.

Popcorn
Popcorn microwavable yang dikemas mengandung jumlah sodium yang tinggi, jadi ambil sekantong biji popcorn biasa sebagai gantinya. Masukan beberapa biji ke dalam mangkuk, campurkan dengan bumbu pilihan Anda dan panggang dalam oven.

Popcorn biasa merupakan salah satu camilan sehat yang dapat Anda miliki karena mengandung rendah kalori, lemak dan kolesterol.

Selai Kacang
Bisakah selai kacang dianggap sebagai makanan kesehatan?. Harvard Medical School mengatakan, selai kacang dikemas dengan serat, kalium dan protein. Selai kacang sebenarnya memiliki risiko penyakit seperti diabetes tipe 2 atau penyakit jantung jika ditambah dengan roti atau makanan yang berkalori tinggi lainnya. Lebih baik, jika Anda memilih selai kacang, pilihlah yang tidak diproses dan juga tawar. (detik.com/Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.