5 Cara Agar Rambut Tetap Sehat Meski Sering Dicatok

Avatar of PortalMadura.com
5 Cara Agar Rambut Tetap Sehat Meski Sering Dicatok
Ilustrasi (Hipwee)

PortalMadura.Com – Pada umumnya, setiap orang khususnya perempuan ingin memiliki rambut yang terlihat rapi, indah dan berkilau. Tidak heran jika mereka melakukan berbagai cara agar rambutnya itu semakin menarik.

Selain mengeriting atau blow rambut, beberapa orang juga mencatoknya. Namun, terlalu sering memakai alat penata rambut dengan suhu tinggi atau sangat panas bisa berpotensi membuat rambut kering, rapuh, bahkan rusak.

Anda tentu tidak mau kan jika mengalami masalah tersebut?. Oleh sebab itu, agar hal ini tidak terjadi, ada beberapa cara yang perlu Anda perhatikan saat menata rambut seperti dilansir Okezone.com, yang dikutip dari Timesofindia berikut ini:

Gunakan Serum atau Vitamin pada Rambut

Bagi Anda yang tidak ingin mengalami masalah rambut meski memakai catokan maka lebih baik sebelumnya Anda harus memberikan perlindungan. Caranya, oleskan atau menyemprot serum pada rambut.

Pasalnya, hal ini membantu menghalangi terjadinya kerusakan dan menjaga rambut agar tetap sehat. Tidak hanya sehat, rambut Anda akan semakin berkilau jika Anda melakukannya secara teratur.

Sesuaikan Suhu Catokan dengan Rambut

Apakah Anda salah satu orang yang sering mencium bau gosong saat sedang menyatok rambut?. Tanpa sadar catokan yang Anda pakai dapat berakibat fatal dan merusak rambut indah Anda. Meskipun ada banyak catokan atau pengering rambut (hairdrayer), yang banyak tersedia di pasaran dengan harga ramah kantong sebaiknya Anda pertimbangkan lagi untuk membeli catokan dengan harga yang sedikit lebih mahal.

Baca Juga : Kenali, 3 Ciri Catokan Pada Rambut yang Sudah Rusak

Jadi, pilihlah catokan yang terbuat dari piring keramik, ini penting karena akan membantu mengurangi kerusakan pada rambut Anda dibandingkan catokan yang terbuat dari baja yang akan merusak rambut dari pangkal. Selain itu, Anda juga harus memilih catokan yang mempunyai pengaturan suhu, agar bisa diatur sesuai kebutuhan rambut.

Jangan Mencatok Rambut Berulang Kali di Bagian yang Sama

Beberapa wanita cenderung mencatok rambutnya berkali-kali pada satu bagian rambut yang sama. Namun, tanpa di sadari, hal itulah yang ternyata membuat rambut Anda cepat rusak. Cobalah untuk lakukan hanya dengan satu gerakan pada satu bagian rambut. Hasilnya akan jauh lebih baik dan terhindar dari kerusakan rambut.

Melakukan Secara Teratur

Berhubung rambut Anda sering ditata menggunakan catokan, wajar saja jika akan ada kerusakan. Sebulan sekali Anda harus rutin melakukan spa rambut di salon favorit Anda, gunakan juga masker khusus rambut agar membantu memperbaiki rambut Anda dari pangkal. Ini akan membuat rambut Anda lebih lembut dan sehat.

Biarkan Sesekali Alami Tanpa Catokan

Selain beberapa cara di atas, sesekali Anda harus mencoba gaya rambut tanpa alat catok atau pengering rambut. Hindari menggunakan pengering rambut setiap kali Anda mencuci rambut. Biarkan rambut Anda mengering secara alami agar tetap sehat.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.