oleh

5 Cara Aktifkan Fitur Two-Factor Authentication untuk Hindari Hacker

PortalMadura.Com – Beberapa tahun belakangan ini, sebagian dari Anda mungkin sering kali mendengar kasus peretasan berbagai akun media sosial atau email yang dilakukan oleh orang tidak bertanggung jawab.

Akibatnya, tidak sedikit data pengguna dan berbagai informasi di dalamnya dicuri oleh penjahat siber tersebut. Selain itu, bahkan ia sengaja memuluskan aksinya dengan menjual data itu kepada pihak yang menginginkan.

Untuk mencegah persoalan peretasan, sebagian pengguna ada yang mengubah password email dan akun media sosialnya. Atau setidaknya hingga akun media sosial atau email Anda diretas hacker, dan Anda pun terpaksa mengubahnya.

Tapi kenyataannya, cara tersebut tidak semata-mata mampu mengatasinya. Bisa dikatakan jika hal itu hanya solusi sementara saja.

Untungnya, sekarang ini Anda tidak perlu khawatir lagi. Pasalnya, ada banyak perusahaan teknologi internet mulai memperkenalkan fitur otentikasi dua faktor (Two-Factor Authentication, 2FA) ke layanannya.

Dengan fitur tersebut, pengguna dapat menambah lapisan keamanan ke akun digital mereka. Salah satu layanan internet yang memperkenalkan fitur 2FA tersebut adalah Google.

Tahukah Anda, fitur 2FA di Google dikenal sebagai salah satu layanan paling banyak digunakan oleh warganet di berbagai negara, fitur ini harus secara manual diaktifkan.

Baca Juga : 3 Cara Jitu Amankan Akun Facebook dari Hacker

Nah, penasaran bagaimana caranya?. Dilansir Liputan6.com yang dikutip dari Ubergizmo, berikut ini adalah cara mengaktifkan fitur 2FA di akun Google Anda:

1. Buka laman akun Google Anda dengan mengaksesnya lewat link berikut ini https://myaccount.google.com/.

2. Klik tombol Security di menu navigasi bagian kiri layar.

3. Gulir ke bawah untuk menemukan tombol Signing in to Google, dan lanjutkan klik 2-Step Verification.

4. Setelah itu diklik, mungkin Anda akan diminta untuk login kembali ke akun Google.

5. Klik tombol Get Started, dan lanjut Try It Now. Anda hanya perlu ikuti instruksi yang muncul di layar.

Selesai, saat Anda mengaktifkannya, maka Anda akan terhindar dari hacker yang mengganggu. Gimana, mudah bukan?. Selamat mencoba.

Rewriter : Putri Kuzaifah
Sumber : liputan6.com
Tirto.ID
Loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

portalmadura.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE