oleh

5 Cara Aman Naik Motor Saat Hujan

PortalMadura.Com – Musim hujan banyak dikeluhkan pengendara sepeda motor, karena lebih berisiko kecelakaan dan membuat tubuh basah kuyup sehingga menjadikan penampilan kurang maksimal.

Di sisi lain, bagi sebagian pengendara motor, berkendara saat hujan lebih terasa menyenangkan. Karena akan memberikan pengalaman yng berbeda, asal tetap mengikuti beberapa hal ini.

Sebagaimana dilansir PortalMadura.Com, Rabu (15/1/2020) dari laman liputan6.com yang dikutip situs sportrider.com. Berikut penjelasannya:

Pilih Pakaian Perlengkapan Berkendara yang Tepat

Ada baiknya pengendara menggunakan pakaian anti air seperti jaket, sarung tangan dan sepatu. Pastikan alat yang digunakan dapat menepis air dan mampu memberikan kehangatan ekstra.

Pada bagian helm, pastikan kaca dilengkapi anti kabut. Hal ini berkaitan dengan visibilitas saat berkendara, terlebih di malam hari.

Saat musim hujan, ada baiknya selalu membawa pakain pengganti yang mampu menghangatkan tubuh.

Lebih Bijak Berkendara

Saat berkendara di musim hujan, sebaiknya kecepatan kendaraan lebih disesuaikan. Hal ini berkaitan erat dengan kondisi jalan yang licin saat hujan. Apabila berkendara dengan kecepatan tinggi, rem bisa saja slip dan menjadi penyebab kecelakaan.

Loading...

Baca Juga: Belasan Ribu Penerima Bantuan Iuran Daerah Fiktif

Berhati-hati di Persimpangan Jalan

Persimpangan kerap menjadi lebih licin saat hujan karena adanya tetesan oli dari mobil yang melintas, sehingga pengendara harus tetap waspada.

Ketika mengetahui di depan terdapat persimpangan, jangan lupa kurangi kecepatan, sehingga pengereman secara mendadak tidak perlu dilakukan.

Berhati-hati dengan Adanya Lubang Got dan Trotoar

Saat musim hujan, genangan air banyak terdapat di jalan. Perhatikan dengan benar, letak jalan agar tidak tertipu dan jatuh ke dalam saluran pembuangan atau got. Perhatikan juga bagian trotoar yang tertutup air.

Carilah Celah Jalanan yang Kering

Saat hujan tiba, pastikan jalanan yang hendak dilewati kondisinya lebih tinggi atau kering, sehingga lebih mudah bermanuver.

Rewriter: Desy Wulandari
Sumber: liputan6.com
Berita PortalMadura
Loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

portalmadura.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE