5 Cara Atasi Sinyal Smartphone yang Sering Hilang

Avatar of PortalMadura.com
5 Cara Atasi Sinyal Smartphone yang Sering Hilang
ilustrasi

PortalMadura.Com – Anda salah satu pengguna perangkat smartphone?. Pasti Anda pernah mengalami situasi di mana sinyal seluler mendadak hilang. Ketika hal ini terjadi, tentu aktivitas Anda seperti nonton video di instagram atau main gim akan terganggu dan otomatis kejadian ini bikin Anda kesal dan menggerutu sendiri.

Sebenarnya, sinyal ponsel pintar yang sewaktu-waktu hilang itu memang tidak dapat dihindari. Faktor sinyal seluler hilang pun cukup beragam. Adapun beberapa hal itu terjadi disebabkan, karena posisi Anda sedang di luar cakupan area jaringan, faktor cuaca, perbaikan jaringan oleh operator, kerusakan pada hardware smartphone, dan ada aplikasi atau software yang bermasalah.

Kendati demikian, ada sejumlah cara yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan sinyal itu kembali. Berikut ini ulasannya:

Restart Smartphone
Hal ini merupakan cara paling mudah dan praktis untuk mengatasi permasalahan ini. Dengan melakukan restart, smartphone akan memulai semua proses dari awal dan secara otomatis akan mencari jaringan baru. Merestart smartphone juga bisa mengatasi berbagai masalah yang muncul selain sinyal hilang.

Airplane Mode
Cukup aktifkan Airplane Mode atau mode pesawat di smartphone Anda. Biarkan beberapa saat, lalu non-aktifkan mode tersebut. Cara ini membuat perangkat untuk mencari server jaringan baru yang lebih baik.

Cari Jaringan Secara Manual
Untuk memilih jaringan secara manual, Anda bisa masuk ke Settings -> Network & Connections -> Mobile Network -> pilih Operator -> Select Automatically. Smartphone akan mencoba terkoneksi pada jaringan yang sudah terdeteksi.

Pindah ke Ruang Terbuka
Jika Anda berada di dalam ruang dan tiba-tiba sinyal Anda hilang, kemungkinan besar smartphone Anda sedang tidak bisa menangkap penuh sinyal di tempat tersebut.

Salah satu hal yang bisa dilakukan saat berada dalam kondisi seperti ini adalah dengan pindah ke luar ruangan. Dengan demikian, sinyal akan muncul kembali dan bisa digunakan untuk internetan.

Menggunakan Aplikasi Penguat Sinyal
Jika Anda menggunakan aplikasi penguat sinyal terbaik pada smartphone, sinyal yang ada pada smartphone tidak akan mudah hilang secara tiba-tiba. Aplikasi-aplikasi semacam ini bisa Anda temukan di toko aplikasi Google. (liputan6.com/Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.