5 Cara Batasi Akses Aplikasi di Android yang Bisa Anda Coba

Avatar of PortalMadura.com
5 Cara Batasi Akses Aplikasi di Android yang Bisa Anda Coba
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Ada berbagai macam aplikasi yang terdapat di Play Store. Ribuan aplikasi tersebut tentu memiliki keunggulan dan fungsinya masing-masing di Android. Biasanya, aplikasi ini muncul setiap bulan.

Bagi pengguna yang merasa tertarik, hanya tinggal menginstal aplikasi tersebut dengan mudah. Tapi tergantung jenis aplikasinya juga, kadang ada sebagian aplikasi yang meminta akses ke bagian-bagian tertentu dari smartphone Anda.

Entah itu, nomor kontak, kamera, mikrofon, GPS, data, dan sebagainya. Nah, untuk mendapatkan akses ke hal-hal tersebut di smartphone, aplikasi yang diinstal pertama kali akan butuh permissions (izin).

Biasanya, beberapa aplikasi “nakal” seringkali meminta permissions ke fitur atau bagian yang tidak seharusnya mereka bisa akses. Tidak jarang juga aplikasi tersebut meresahkan penggunanya lantaran tidak sesuai dengan keinginan.

Berdasarkan hal tersebut, apa yang harus Anda lakukan bilamana suatu hari ingin membatasi aplikasi mengakses fitur tertentu di smartphone?. Bagi Anda yang ingin melakukannya, berikut cara mudah untuk membatasi akses aplikasi Android di smartphone.

Sebenarnya, caranya itu tergantung dari smartphone Android yang digunakan, terkadang tata letak pengaturan di ponsel pintar berbeda-beda. Tapi secara umum, mereka ada di menu Settings. Yuk ikuti langkah-langkahnya seperti dilansir Liputan6.com, yang dikutip dari laman Ubergizmo:

1. Buka aplikasi Settings

2. Cari menu Apps > Permissions. Biasanya ini terdapat di dalam menu settings

3. Lalu, pilih aplikasi yang ingin Anda ubah aksesnya

4. Lanjutkan dengan memilih fitur-fitur apa saja yang bisa diakses oleh aplikasi tersebut, entah itu kamera, GPS, dan yang lainnya

5. Ulangi proses di atas bilamana Anda ingin mengubah akses aplikasi lainnya di perangkat Android.

Perlu Anda ingat, terkadang mengubah akses dapat menyebabkan aplikasi tidak berfungsi dengan baik atau force close. Ambil contoh Instagram, bila tidak memberikan akses ke fitur kamera dan foto galeri, Anda tidak akan bisa menggunakannya hingga mendapatkan izin akses ke fitur terkait.

Sedangkan yang lainnya adalah bila ada aplikasi kalkulator yang meminta akses ke fitur GPS, foto, atau kontak yang tersimpan di smartphone.

Baca Juga : Aplikasi di Android Anda Update Secara Otomatis? Begini Cara Hentikannya

Apabila Anda menemui hal seperti ini, maka ada baiknya Anda harus mencurigai aplikasi tersebut bermasalah atau tidak dapat dipercaya. Sebab, buat apa aplikasi kalkulator butuh tahu lokasi Anda berada, hal itu tidak menjadi penting juga.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.