oleh

5 Cara Berdamai Dengan Diri Sendiri

PortalMadura.Com – Luka di hati memang bisa terjadi karena putusnya hubungan, pertengkaran sesama teman bahkan karena gagalnya suatu cita-cita. Namun, seberapa besarpun luka yang datang di hati Anda tetap harus bertahan dan bangkit kembali untuk menjalani hidup.

Dilansir dari laman Hellosehat.Com, Minggu (14/6/2020) berikut tips saat masalah ini menimpa Anda, cobalah lakukan lima cara ini dan bangkitlah kembali untuk menjalani aktivitas.

Percaya Pada Diri Sendiri
Kurangi perasaan ragu terhadap diri Anda sendiri. Percaya setiap hal yang muncul dari dalam diri Anda. Apapun yang terjadi, Anda akan tumbuh melalui pengalaman pribadi Anda, sehingga yakinlah pada diri sendiri.

Pahami Pikiran Sendiri
Tidak semua pemikiran yang Anda miliki adalah pikiran yang positif. Mulai sadari pikiran-pikiran buruk yang dimiliki agar Anda bisa segera menepis segala pikiran negatif yang muncul. Demi berdamai dengan diri sendiri, ikuti segala pikiran positif yang bisa menuntun Anda ke arah hidup yang lebih baik. Jangan memanjakan serta membiarkan pikiran negatif hidup terus berlarut-larut di dalam kepala Anda.

Peduli Dengan Diri Sendiri
Mungkin terdengar mudah, tapi tidak semua orang bisa melakukannya. Kebanyakan orang justru memilih untuk tidak memikirkan diri sendiri dan selalu mendahulukan orang lain seolah kebutuhan dan kepentingan dirinya tidak lebih penting dari orang lain. Padahal, pikiran ini justru membuat Anda mengecilkan diri sendiri. Coba untuk mencintai diri Anda dengan menyejajarkan perasaan Anda dengan perasaan orang lain, bahwa perasaan Anda sama pentingnya dengan milik orang lain.

Jangan Terlalu Ambisius
Ambisi untuk maju dan berkembang bisa menjadi motivasi yang baik untuk diri Anda, namun terlalu menginginkan banyak hal dapat menyakiti diri Anda. Apalagi jika Anda tidak bisa meraihnya. Kenali kapasitas dan kemampuan diri Anda, dan sesuaikan keinginan Anda terhadap kedua hal tersebut. Anda boleh saja mengingini sesuatu, namun pastikan Anda sedang tidak menyakiti diri Anda dalam prosesnya.

Hadapi Rasa Takut Anda
Jika Anda memiliki rasa takut akan sesuatu, jangan berusaha untuk membenci perasaan itu. Lebih baik akui perasaan itu dan coba untuk menghadapi rasa takut yang Anda miliki. Dengan menghadapinya, Anda akan menjadi lebih kuat dan terbiasa. Rasa takut itu mungkin tidak akan pernah bisa hilang, tapi setidaknya Anda sudah tahu bagaimana mengatasinya.

Rewriter : Raudatul Fitrah
Sumber : hellosehat.com
Tirto.ID
Loading...

Komentar