oleh

5 Cara Berpuasa Bagi Penderita Maag

PortalMadura.Com – Berpuasa yaitu tidak makan dan minum dari terbit fajar sampai terbenam matahari. Hal ini dilakukan yaitu untuk mendekatkan diri pada Allah SWT. Namun bagaimana bagi penderita maag?

Sebenarnya bagi penderita maag tidak dilarang untuk berpuasa, hanya saja perlu tahu apa saja yang boleh dan tidak boleh dilakukan atau dimakan. Ini beberapa hal yang perlu dilakukan penderita maag jika ingin berpuasa. Penasaran?

Berikut penjelasannya:

Wajib Makan Sahur
Seringkali orang-orang melewatkan makan sahur karena masih mengantuk. Padahal waktu sahur merupakan jam yang tepat untuk makan bagi penderita maag sebelum puasa. Perlu diketahui, sahur diperlukan untuk mempertahankan tingkat normal asam lambung dan menghindari kambuhnya sakit maag saat puasa.

Hindari Makanan Pedas
Tips puasa untuk penderita maag yang tidak kalah pentingnya yaitu menghindari makanan pedas saat sahur maupun berbuka. Makanan pedas dan juga mengandung banyak lada dapat membuat perut iritasi dan menurunkan fungsi dinding lambung yang berbahaya untuk penderita maag.

Hindari Makanan Mengandung Gas
Tips puasa untuk penderita maag selanjutnya yaitu menghindari makanan bergas, seperti sawi, kol, nangka, dan pisang ambon. Kandungan gas yang tinggi pada makanan tersebut dapat meningkatkan asam lambung dan memicu penyakit maag kambuh saat menjalani ibadah puasa.

Loading...

Baca Juga: Gol Andik Vermansyah Bawa Madura United Menang atas Barito Putera

Konsumsi Makanan yang Lambat Dicerna
Makanan yang tinggi akan serat seperti almond, pisang, oatmeal, kentang, dan gandum utuh yaitu makanan yang bagus untuk dikonsumsi saat sahur. Sebab, makanan tersebut lambat dicerna oleh tubuh dan dapat menghindari kambuhnya maag saat berpuasa.

Hindari Tidur Setelah Sahur
Tidur setelah sahur emang menjadi kebiasaan banyak orang. Padahal kebiasaan ini yaitu kebiasaan buruk untuk para penderita maag. Hal ini dapat meningkatkan asam lambung dan membuat mual. Untuk Anda penderita maag disarankan untuk tidak tidur setelah sahur, jadi Anda bisa memilih waktu sahur di akhir waktu agar bisa melanjutkan dengan aktivitas sehari-hari.

Tips puasa untuk penderita maag lainnya yaitu hindari makanan berlemak dan digoreng, perbanyak minum air putih, dan jangan lupa untuk menghindari stres. Salah satu cara untuk menghindari stres yaitu pijet saat malam hari setelah berbuka puasa untuk merilekskan tubuh dan pikiran.


Rewriter: Desy Wulandari
Sumber: okezone.com
whatsapp share top ten article
Loading...
Loading...

Komentar