5 Cara Cegah Nyeri Badan Saat Puasa

Avatar of PortalMadura.com
5 Cara Cegah Nyeri Badan Saat Puasa
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Sakit badan atau nyeri pada bagian otot dan sendi bisa menyerang pada siapa saja serta kapan saja. Tidak terkecuali saat puasa Ramadan. Banyak orang mengeluhkannya karena bukan hanya bisa mengganggu aktivitas, rasa nyeri ini bisa memicu membatalkan puasa lantaran ingin minum obat.

Nah, jika Anda ingin tidak terganggu dengan rasa nyeri dan terbebas dari pegal-pegal saat puasa, ada cara mencegahnya. Penasaran?. Yuk ikuti beberapa tips berikut ini:

Cukupi Kebutuhan Cairan Saat Sahur dan Berbuka
Salah satu tips mencegah munculnya rasa nyeri dan badan pegal-pegal saat puasa adalah dengan menjaga kebutuhan cairan. Selama berpuasa, asupan air dan makanan menjadi berkurang. Kondisi ini menyebabkan elektrolit dalam tubuh menjadi tidak seimbang sehingga membuat badan terasa nyeri saat puasa.

Untuk mencegah sakit badan saat puasa ini, Anda perlu menjaga kestabilan elektrolit dalam tubuh. Caranya cukup mudah, yaitu memenuhi kebutuhan cairan Anda di waktu sahur dan berbuka. Sempatkan untuk banyak minum, baik itu air putih, jus buah, atau minuman elektrolit saat sahur dan berbuka. Selain minum, penuhi juga kebutuhan mineral dan vitamin Anda dari makanan yang sehat, terutama sayur dan buah.

Jaga Postur Tubuh dan Lakukan Peregangan Saat Bekerja
Postur tubuh yang buruk bisa menjadi penyebab Anda mengalami saat puasa. Oleh karena itu, biasakan diri untuk berdiri, berjalan, dan duduk dengan tegak.

Jangan terlalu bungkuk ke depan, terlalu tegak, atau miring. Hal ini bisa membuat otot Anda menjadi tegang. Supaya dapat duduk tegak dengan nyaman, Anda bisa menyisipkan bantal yang empuk di belakang punggung sebagai penahan tubuh. Lakukan pula latihan peregangan di sela-sela waktu bekerja untuk merelaksasi otot dan saraf yang kaku.

Olahraga Ringan
Jika Anda memiliki masalah sendi dan otot, olahraga merupakan pilihan terbaik untuk mencegah kambuhnya nyeri badan saat puasa. Anda bisa melakukan olahraga ringan, seperti jalan santai, bersepeda, atau yoga di sore hari.

Olahraga tidak hanya memperkuat tulang, otot, dan sendi saja. Gerakan latihan tertentu, seperti yoga, ternyata juga dapat dijadikan cara untuk memperbaiki postur tubuh sehingga sakit badan bisa dihindari. Selain itu, olahraga juga bisa mengurangi stres. Stres bisa memicu kambuhnya rasa sakit pada tubuh.

Sebuah studi menunjukkan bahwa tubuh dapat mengatasi stres saat puasa. Meski begitu, kombinasi puasa dengan olahraga tentu akan jadi lebih efektif dalam mencegah nyeri tubuh.

Perbaiki Posisi Tidur
Selain postur tubuh yang buruk, posisi tidur yang salah juga bisa menyebabkan badan Anda pegal dan sakit. Untuk itu, memperbaiki posisi tidur Anda juga menjadi salah satu cara untuk mencegah nyeri badan saat puasa.

Hindari tidur dengan bantal yang terlalu tinggi karena bisa menyebabkan sakit leher. Jangan pula tidur dengan posisi tengkurap dengan menumpu tangan karena dapat menimbulkan sakit leher dan tangan pegal.

Baca Juga : Guys, Begini Cara Redakan Nyeri Punggung dengan Jahe

Baiknya, Anda tidur dengan posisi telentang dengan bantal yang nyaman. Anda juga bisa tidur menghadap samping kanan atau kiri secara bergantian. Jika Anda pakai kipas angin, aturlah besar angin jika langsung mengarah ke tubuh Anda. Kenapa? Angin yang terlalu besar bisa membuat otot kaku dan menyebabkan badan pegal esok harinya.

Minum Obat dan Konsultasi ke Dokter
Bagi Anda yang memiliki masalah otot dan sendi, lakukanlah cek rutin sebelum berpuasa. Jangan lupa untuk minum obat yang sudah diresepkan dokter, pada waktu berbuka, sebelum tidur, dan saat sahur.

Pasang pengingat di ponsel atau notes di kulkas untuk minum obat. Jangan sampai, lupa minum obat yang menyebabkan badan nyeri kembali kambuh saat puasa.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.