oleh

5 Cara Cerdas Agar Si Kecil Rapikan Mainannya Sendiri

PortalMadura.Com – Anak mempunyai dunianya sendiri, dan salah satunya yaitu bermain. Aktivitas ini bisa dilakukan di dalam ataupun luar ruangan. Sama-sama bisa merangsang motorik anak untuk lebih aktif dan mengerti permainan apa yang mereka mainkan.

Namun terkadang, orang tua merasa kesal ketika harus membereskan mainan anak yang tidak dirapikan lagi setelah bermain. Hal ini tentu menjadi tantangan tersendiri bagi orang tua untuk mengajarkan rasa bertanggung jawab pada anak.

Terapis keluarga dan pernikahan, Susan Stiffelman mengatakan anak-anak memang jago membuat suasana berantakan, tapi dia belum terbiasa merapikannya. Terlebih kalau ada hal lain yang lebih menarik perhatiannya. Untuk itu, Stffelman membagikan beberapa cara mengajari anak agar mau merapikan mainannya sendiri.

Sebagaimana dilansir PortalMadura.Com, Kamis (4/9/2019) dari laman haibunda.com yang mengutip dari beberapa sumber. Berikut penjelasannya:

Terapkan Aturan dengan Tegas

“Orang tua bisa membuat kesepakatan dengan anak sejak awal bermain yakni setelah bermain mereka harus merapikan mainannya. Sampaikan juga ke anak jika mereka lupa, orang tua akan menegurnya sekali. Tapi, jika setelah tiga kali diingatkan anak tidak kunjung merapikan mainannya, mainan itu tidak bisa dimainkan dalam jangka waktu tertentu,” kata Stiffelman mengutip Huffpost.

Loading...

Baca Juga: Naik Motor Tiba-tiba Oleng, Pemuda Madura Kedapatan Sabu dan Alat Isap 

Buat Aktivitas Membereskan Mainan Menyenangkan

Kata Stiffelman, Bunda bisa meminta anak membereskan mainan dengan mengadakan kompetisi siapa yang bisa merapikan mainan dalam waktu 3 menit misalnya. Atau, putar lagu favorit anak ketika mereka merapikan mainan.

Tidak Perlu Emosi

Jangan pakai emosi saat menyuruh anak membereskan mainannya ya, Bun. Ini justru bisa membuat anak malas merapikan mainannya dan senantiasa menghindar. Jangan lupa, jelaskan pada anak mengapa dia perlu merapikan mainannya.

Beri Contoh

“Orang tua bisa jadi role model untuk anak dalam merapikan kekacauan yang terjadi di rumah. Lakukan itu dengan tenang dan perlahan, tanpa perlu mengeluh, dan nanti anak akan mencontoh Anda,” kata Stiffelman.

Ajari Anak Membereskan Mainan dengan Perlahan

Jika terlalu banyak mainan yang mesti dibereskan, pandu anak agar lebih mudah melakukannya. Misal, minta anak mengumpulkan mainan berwarna merah lebih dahulu.


Rewriter: Desy Wulandari
Sumber: haibunda.com

Berita PortalMadura Aplikasi Android PortalMadura
Loading...

Komentar