oleh

5 Cara Cerdas Ajari Si Kecil Doa Berbuka Puasa

PortalMadura.Com – Bulan Ramadan menjadi satu momen untuk mengajarkan anak berpuasa. Perlu kesabaran bagi orang tua dalam melatih anak yang pertama kali belajar puasa. Memang susah-susah gampang, tapi harus dilakukan.

Selain belajar berpuasa, anak juga diajari untuk bisa membaca doa berbuka puasa. Hal ini bisa Bunda ajarkan sejak dini dimanapun dan kapanpun. Sehingga si kecil bisa dan hafal doa berbuka puasa. Nah, untuk mempermudah orang tua mengajarkan doa berbuka puasa pada si kecil, lakukan beberapa cara ini. Apa saja?

Berikut penjelasannya:

Ajarkan Konsep Berdoa
Bunda bisa mengajari anak bahwa berdoa merupakan bentuk komunikasi dengan Tuhan yang menciptakan kita. Dengan begitu, anak akan merasakan kedekatan dengan Tuhan dan dia bisa lebih bersemangat saat diajak berdoa.

Beri Contoh
Ingat bahwa anak merupakan peniru ulung. Untuk itu, Bunda dan Ayah harus mencontohkan doa apa yang dibaca ketika berbuka puasa. Supaya lebih gampang, ajak anak berdoa bersama ya.

Anak Malu-malu? Tak Apa
Kadang-kadang, anak malu ketika harus berdoa di depan banyak orang. Untuk mengatasinya, Bunda atau Ayah bisa memulai membaca doa lebih dulu dan meminta si kecil menyelesaikan doa tersebut.

Baca Juga: Bunda, Ini 3 Cara Efektif Ajarkan Anak Puasa Ramadan Pertama Kalinya

Ajarkan Doa Sesuai Usia
Doa apapun yang hendak diajarkan ke anak, termasuk doa berbuka puasa, Anda ajarkan perlahan ya, Bun. Kemudian, sejak dini ajarkan anak doa sesuai tahap usianya. Memulai mengajari anak dengan doa-doa pendek juga bisa jadi pilihan tepat.

Beri Dukungan
Selalu mendukung anak yang sedang belajar dan menghafal doa berbuka puasa. Jika dia lupa, beri tahu lafal doa selanjutnya. Ketika anak berhasil menghafal doa, apresiasi berupa pelukan, pujian, atau barang yang dibutuhkan anak bisa Bunda berikan kok sebagai bentuk reward.


Rewriter: Desy Wulandari
Sumber: haibunda.com

Komentar