oleh

5 Cara Cerdas Atasi Si Kecil yang Terlalu Rewel

PortalMadura.Com – Saat ini playdate menjadi ajang media belajar untuk anak. Selain itu, juga menjadi kegiatan yang menyenangkan bagi anak dan orang tua. Padahal sebenarnya kegiatan ini tidak menutup kemungkinan menjadikan anak tantrum berlebihan.

Lantas apa yang bisa dilakukan orang tua jika si kecil menjadi tantrum berlebihan ketika sedang playdate? Karena dengan mengetahui kiat yang tepat kondisi ini bisa cepat diatasi. Apa saja kiatnya?

Berikut ulasannya:

Take a Time Out
Pisahkan anak dari teman-temannya, biarkan anak melepaskan tantrumnya dengan tetap diawasi.

Negosiasi dan Beri Pilihan
Tanyakan anak penyebab anak tantrum dan apa yang bisa membuatnya tenang. Misalnya, jika anak bosan beri pilihan padanya untuk berjalan-jalan keluar area playdate agar bisa tenang. Biarkan anak beristirahat dari kegiatan bermain lalu beri makanan dan minuman pada anak. Saat sudah tenang, baru biarkan anak bermain kembali dengan temannya.

Beri Pengertian
Beri pengertian pada anak tentang apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan selama playdate, apa yang akan terjadi ketika playdate, dan bagaimana mengatasi setiap kejadian yang mungkin terjadi (misalnya berbagi mainan bersama teman).

Buat Kesepakatan Bersama
Buat kesepakatan bersama soal keikusertaan anak dalam playdate dan menjelaskan konsekuensinya, kesepakatan yang sudah disepakati, dilanggar. Misalnya anak sudah membuat kesepakatan bahwa dalam playdate akan berbagi mainan dan main bersama.

Pulang
Jika anak masih merasa tidak nyaman, tanyakan pada anak apakah lebih baik pulang dan tidak melanjutkan playdate. Jika anak sudah tidak mau bermain, tidak perlu dipaksakan, maka langsung saja ajak anak untuk pulang. (okezone.com/Desy)

Loading...