5 Cara Cerdas Atur Barang Bawaan Di Bagasi Mobil

Avatar of PortalMadura.Com
5 Cara Cerdas Atur Barang Bawaan Di Bagasi Mobil
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Saat bepergian bersama keluarga menggunakan mobil biasanya membawa banyak barang di bagasi. Hal inilah yang perlu diperhatikan, mobil harus tetap melaju dengan baik dan tidak mengabaikan penumpang meskipun barang di bagasi penuh.

Oleh karena itu, supir atau pemilik mobil harus pinter mengatur barang yang dibawa di bagasi agar tidak mengganggu perjalanan Anda. Lantas bagaimana caranya?

Berikut ini ulasannya:

Terapkan Prinsip Center of Gravity
Dalam prinsip center of gravity, semakin rendah posisi beban maka pengendalian mobil makin bagus. Begitu juga semakin tinggi posisi beban, maka tingkat kestabilan pengendalian menjadi kurang bagus seperti berisiko terjadi body roll atau mobil seperti akan tergelincir ke arah luar ketika menikung.

Jadi, letakkan barang yang lebih berat terlebih dulu, tempatkan di tempat paling bawah (lantai bagasi). Kemudian, disusul dengan barang-barang dengan bobot yang lebih ringan. Pertimbangkan juga risiko kerusakannya, contohnya laptop yang walaupun terbilang cukup berat tapi kalau ditempatkan di bawah dan ditumpuk barang lain akan mudah rusak.

Seimbang Kanan dan Kiri
Usahakan menempatkan barang di bagasi dengan bobot yang rata, seimbang antara kanan dan kiri. Jika beban tidak seimbang, seperti lebih berat ke kanan, maka mobil akan condong ke kanan ketika berjalan. Ini sudah pasti sangat berbahaya, khusunya saat melewati jalan bergelombang karena handling menjadi kurang stabil.

Pastikan Pengaturan Interlock (Barang Saling Mengunci)
Saat menempatkan barang, pastikan sudah saling mengunci antar barang dengan posisi rapat ke body mobil kanan dan kiri. Usahakan tidak ada lagi ruang kosong yang bisa menyebabkan barang bergeser. Pastikan sisi kanan sampai kiri barang rapat.

Untuk barang yang berbentuk tinggi, letakkan dengan cara tidur karena jika ditempatkan dengan posisi berdiri kemungkinan bergeser dan bergoyang menjadi lebih besar. Namun, jika ditempatkan dengan cara tidur berbahaya, bisa menyebabkan kerusakan barang, bisa diletakkan dengan cara berdiri tapi ingat untuk memastikan barang tersebut sudah saling mengunci.

Perhitungkan Daya Muat Mobil
Ketika membawa barang, Anda juga harus mempertimbangkan berapa bobot barang yang kita bawa, hitung dengan berat penumpang, kemudian jumlahkan antara berat barang dan juga berat penumpang.

Pakai Bracket
Setelah memenuhi empat prinsip di atas, terakhir yaitu pakai bracket atau jaring. hal tersebut agar barang tidak mudah bergeser posisinya. Jaring ini biasanya terbuat dari tali atau karet dan tali, serta pada sebagian mobil yang dijual di pasaran saat ini sudah ada jaring bawaan. Jika belum ada, bracket ini bisa dengan mudah beli di pasaran dengan harga yang bervariasi. (liputan6.com/Desy)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.