5 Cara Cerdas Bikin Meja Makan Makin Menawan untuk Sambut Tamu saat Lebaran

Avatar of PortalMadura.com
5 Cara Cerdas Bikin Meja Makan Makin Menawan untuk Sambut Tamu saat Lebaran
ilustrasi

PortalMadura.Com – Di akhir Ramadan, biasanya mayoritas orang sibuk menyiapkan keperluan lebaran. Bahkan, hal kecil pun seperti menyambut tamu sering menjadi hal yang cukup menyita perhatian.

Sehingga, berbagai persiapan mereka lakukan, khususnya makanan yang disajikan. Selain beragam hidangan yang memanjakan perut, penataan yang menawan selama acara perjamuan tentu saja tidak boleh luput dari perhatian.

Untuk itu, Anda tidak perlu cemas, berikut ini lima cara untuk memaksimalkan penataan meja makan di rumah saat menyambut lebaran:

Pilih Alas Meja Sesuai Interior Ruangan
Percantik meja makan dengan taplak yang sesuai dengan nuansa interior ruangan. Namun, hindari memilih taplak yang memiliki motif terlalu ramai karena bisa mengganggu hidangan yang disajikan di atasnya.

Selain itu, lapisi taplak meja dengan plastik untuk melindunginya dari makanan yang tumpah di meja. Jadi, Anda tidak perlu repot membersihkannya.

Hidangan Khas Lebaran yang Menggoda
Daya tarik utama sebuah meja makan di momen istimewa tentu saja hidangan yang disajikan. Bikin meja makan di rumah jadi tampak menggoda dengan aneka menu khas Lebaran yang jadi favorit keluarga.

Selain ketupat dan opor ayam yang wajib, masakan lain seperti rendang, gulai, hingga sambal goreng ati ampela bisa menjadi pilihan menu yang wajib hadir saat Lebaran. Sudah memikirkan hidangan apa yang nanti akan Anda sajikan di rumah?.

Atur Pencahayaan yang Tepat
Suasana meja makan juga akan semakin cantik dengan pencahayaan ruangan yang tepat. Selain mengandalkan cahaya alami dari sinar matahari, siapkan juga lampu cantik yang dapat membantu menerangi ruangan saat hari mulai gelap.

Pencahayaan di meja makan seharusnya dibuat tidak terlalu terang, tapi juga tidak terlalu redup. Memilih chandelier atau lampu gantung misalnya, bisa menjadi pilihan untuk memperkuat kesan elegan dan chic di ruang makan sekaligus bikin tamu semakin takjub melihatnya.

Atur Posisi Perlengkapan Makan
Menata meja makan memang cukup tricky dan memiliki tantangan tersendiri. Jika tidak pandai mengatur tata letak setiap peralatan makan dan hidangan yang disajikan, hal ini bisa membuat meja jadi tampak penuh dan tidak cantik.

Untuk itu, sangat penting mengatur posisi perlengkapan makan yang baik agar memberikan kesan hidangan yang disajikan begitu menggoda.

Pilih Tempat Makan yang Cantik dan Hemat Space
Selain sajian hidangan yang menggoda, rahasia meja makan tampak memikat adalah pemilihan tempat makan yang hemat space, tapi tetap cantik. (merdeka.com/Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.