5 Cara Cerdas Cegah Anak Mabuk Perjalanan

Avatar of PortalMadura.com
5 Cara Cerdas Cegah Anak Mabuk Perjalanan
Ilustrasi

PortalMadura.Com biasanya terjadi ketika bepergian menggunakan mobil, kereta, kapal laut, ataupun pesawat. Hal tidak hanya bisa terjadi pada orang dewasa, tapi juga anak-anak. Gejala anak mengalami mabuk perjalanan adalah mual, muntah, kehilangan nafsu makan, lelah yang berlebihan, bahkan hingga sesak napas. Sebagian anak juga mungkin akan banyak menguap, menangis, dan menunjukkan rasa gelisah.

Untuk mencegahnya, ada beberapa cara mudah yang bisa orang tua lakukan saat hendak bepergian bersama anak. Sebagaimana dilansir PortalMadura.Com, Sabtu (5/10/2019) dari laman alodokter.com yang dikutip dari beberapa sumber. Berikut ini beberapa cara yang dapat dilakukan untuk membantu mencegah Si Kecil mabuk perjalanan:

Perhatikan Makanan yang Dikonsumsi

Hindari memberikan anak makan dengan porsi yang besar, berminyak, dan pedas. Untuk menyiasatinya, Bunda bisa memberikan Si Kecil makan dengan porsi besar, selambat-lambatnya 3 jam sebelum perjalanan. Kemudian, berikan ia makanan ringan sebelum melakukan perjalanan. Sedangkan jika perjalanan yang akan ditempuh tergolong singkat, berikan anak makanan setelah tiba di tempat tujuan.

Lakukan Perjalanan di Waktu yang Tepat

Bila memungkinkan, lakukan perjalanan menjelang waktu tidur atau saat Si Kecil tidur. Waktu yang tepat untuk melakukan perjalanan bersama anak yaitu pada pagi dan malam hari.

Baca Juga: Puluhan Warga Sampang di Wamena Kembali Pulang Kampung

Tentukan Posisi Duduk yang Tepat

Bunda dapat mendudukkan Si Kecil pada posisi tertentu untuk mencegah mabuk perjalanan. Posisi duduk yang dianjurkan untuk anak dalam mobil adalah kursi bagian tengah. Posisi ini akan memberikan keleluasan pada anak untuk melihat pemandangan sekitar, sekaligus mengurangi sensasi guncangan akibat gerakan kendaraan.

Perhatikan Sirkulasi Udara Cukup

Sebelum bepergian, pastikan sirkulasi udara dalam kendaraan yang akan digunakan cukup, untuk mencegah anak mengalami mabuk perjalanan. Selain itu, usahakan juga untuk membuat udara selalu bersih dari bau yang menyengat.

Berikan Obat Anti Mabuk

Sebelum menempuh perjalanan yang jauh, Bunda bisa meminta dokter untuk meresepkan obat anti mabuk. Biasanya dokter akan memberikan obat yang mengandung dimenhydrinate. Waktu terbaik untuk memberikan obat anti mabuk yaitu satu jam sebelum perjalanan. Ingat, pemberian obat pada anak harus sesuai anjuran dokter.

Ketika Bunda melihat gejala mabuk perjalanan pada Si Kecil, usahakan berhenti sebentar. Setelah itu, biarkan Si Kecil menarik napas panjang sambil menutup mata. Mengompres kepalanya dengan kain yang dingin dan memberikannya permen karet juga bermanfaat untuk mengatasi mabuk perjalanan pada anak.

Lakukan beberapa hal di atas untuk mencegah mabuk perjalanan pada anak. Jika perlu, Bunda dapat berkonsultasi ke dokter anak untuk mendapatkan saran dalam mencegah dan menangani mabuk perjalanan pada Si Kecil.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.